top of page

Rotary Club Bandung Utara Perluas Penggunaan Tools 1000 HPK Pencegahan Stunting ke 4 Kelurahan



Rotary Club Bandung Utara (RCBU) yang bergerak dalam kemanusiaan, berinisiatif untuk bekerjasama dengan TP PKK Kelurahan Jamika melakukan Gerakan Ayo Cegah Stunting.


Presiden (Pres) Lydia Dewi Setiawan dari Rotary Club Bandung Utara (RCBU) menjelaskan bahwa Kecamatan Bojongloa Kaler merupakan satu diantara lima kecamatan terpadat dengan penduduk miskin ketiga tertinggi di Kota Bandung.


Salah satu kelurahan di kecamatan Bojongloa Kaler adalah Jamika. Karena Jamika diidentifikasi sebagai daerah dengan tingkat stunting tertinggi ketiga di Kota Bandung pada tahun 2021.


District Governor Rotary International District 3410 (R.I. D3410) Ditte Sukardi mengatakan Rotary mendukung program President Jokowi untuk menurunkan angka stunting menjadi 14 persen di tahun 2024.


Stunting adalah kebutuhan yang paling mendesak untuk diatasi. Satyawati Hanna, Immediate Past President (IPP) RCBU menjelaskan bahwa misi pencegahan stunting di Kelurahan Jamika dimulai pada tahun 2021 setelah pelatihan yang diikuti tiga kader Posyandu di RW 03 yang akan bertindak sebagai Konselor ‘Ayo Cegah Stunting’ dari Jamika.


Dibekali dengan materi IEC, berupa Kalender 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang informatif, dan Mistar pengukur tinggi badan yang menarik, Konselor yang berdedikasi ini melakukan sesi konseling melalui kunjungan ke rumah, yang ditargetkan pada keluarga yang membutuhkannya.


Menurut Past District Governor (PDG ) Roziana Wiguna konselor dilatih oleh Rotary International (R.I) District 3410 bersama Frontiers For Health (F2H) pada tahun 2020 dan telah melakukan sharing dengan teman-teman sesama kader sebanyak 21 orang di dua Posyandu di RW 03 Kelurahan Jamika, bagaimana menggunakan kedua tools dalam Gerakan Ayo Cegah Stunting. November 2022, RI D 3410 dan RCBU memberikan sebelas wastafel cuci tangan yang Ramah Anak dan dipasang di setiap RW Kelurahan Jamika.


Inisiatif ini bertujuan untuk mendidik anak-anak di bawah usia lima tahun tentang pentingnya mencuci tangan, langkah penting dalam mencegah penyakit menular sebagai salah satu sebab stunting.


Pada 12 November penggunaan wastafel diresmikan oleh Bapak Walikota Bandung, bersama Rotary. Pada hari tersebut juga dilakukan pembagian hand sanitizer sebanyak 500 botol untuk diberikan pada sasaran Posyandu. IPP S. Hanna, menyampaikan bahwa Ketua Posyandu dari 13 Posyandu di Jamika telah mengikuti Orientasi sehari cara menggunakan tools 1000 HPK dan tips melakukan konseling dengan kunjungan rumah pada 12 November juga.


Orientasi dilakukan oleh Suwaibah, seorang Konselor Madya dari Ciawi Kabupaten Bogor yang diikut sertakan oleh F2H dalam pengembangan kalender 1000 HPK dan Mistar Pengukuran Tinggi Badan. Sehingga seluruhnya sebanyak 34 kader di Kelurahan Jamika telah menggunakan tools Ayo Cegah Stunting yang diproduksi dan distribusi oleh R.I. District 3410 dan F2H.


Pres Lydia, berpendapat bahwa proyek masyarakat tidak harus baru. Gerakan Ayo Cegah Stunting (ACS) di Jamika sudah berjalan dan perlu dimantapkan.


Kalender 1000 HPK dan Mistar tinggi badan telah didistribusi ke 55 posyandu di empat kelurahan lain di Kecamatan Bojongloa Kaler.


IPP Hanna menjelaskan bahwa pada 17-18 Oktober 2023, kader Posyandu dan perwakilan TP PKK dari 55 Posyandu di Kelurahan Babakan Asih/ Kopo / Babakan Tarogong / Suka Asih telah mengikuti Orientasi Penggunaan Tools Ayo Cegah Stunting sebagai wujud kerjasama RCBU dengan Ketua Pokjanal Kecamatan Bojongloa Kaler dan TP PKK di empat kelurahan tersebut.


Pemantapan konseling dilakukan di Kelurahan Jamika pada 19 Oktober 2023. Pemandu adalah Ibu Suwaibah dari Ciawi kabupaten Bogor, yang telah digembleng oleh F2H, beserta 3 orang Konselor dari Kelurahan Jamika.


DG Ditte mengatakan perjalanan ini masih jauh dari selesai. Rotary peduli kemanusiaan dan akan terus berupaya mencegah stunting (area fokus Ibu dan Anak), meningkatkan sanitasi dan kebersihan, dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat di Kecamatan Bojongloa Kaler dan upaya menurunkan angka stunting di Kota Bandung.


Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Rotary Club Bandung Utara Perluas Penggunaan Tools 1000 HPK Pencegahan Stunting ke 4 Kelurahan, https://jabar.tribunnews.com/2023/11/09/rotary-club-bandung-utara-perluas-penggunaan-tools-1000-hpk-pencegahan-stunting-ke-4-kelurahan.


6 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page