top of page

Program ACS Rotary Club of Palembang Tahap 2 Telah Usai, 11 Penerima Manfaat Keluar Zona Stunting



Program Ayo Cegah Stunting (ACS) tahap 2 yang dilakukan oleh Rotary Club of Palembang untuk warga sekitar Posyandu Matahari, RT 15 Lorong Bintara, Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur III telah usai.

Program yang ditujukan untuk mencegah dan menurunkan angka stunting ini sukses berjalan setelah sebelumnya juga berjalan di Kelurahan 7 Ulu. IPP Rotary Club of Palembang Andy mengatakan, program tahap 2 ini berjalan sejak 10 September 2022 hingga 19 September 2023 dengan memberikan pendampingan kepada 11 orang penerima manfaat.


"Setelah berjalan satu tahun, seminggu sekali kami melakukan monitoring dengan mengukur tinggi badan dan berat badan penerima manfaat. Sudah keluar dari zona rawan stunting. September ini kondisi berat badan dan tingginya sudah normal, " ujar Andy, Jumat (22/9/2023).

Program ACS yang dijalankan Rotary club of Palembang meliputi gizi baik, perbaikan rumah, dan ekonomi baik.


"Program gizi baik dengan memberikan tambahan makanan dibantu RS Charitas Palembang melalui program Roket JNE. Lalu program perbaikan rumah, karena penerima manfaat rata-rata rumahnya banjir ketika hujan dan yang terakhir ekonomi baik, kami membuat pelatihan pembuatan kue kering dan budidaya ikan lele serta tanaman sayur sudah panen, " tuturnya.


Dalam mensukseskan program ACS, pihaknya bekerjasama dengan ibu PKK dan kader Posyandu. Untuk di Kelurahan Kuto Batu Rotary Club of Palembang dibantu 10 orang kader.

"Untuk di Posyandu Matahari ini ada enam kader. Lalu empat kader lainnya untuk di Puskesmas reguler, " katanya.


President Rotary of Club Palembang Ferdy Kawi mengatakan, selanjutnya program ACS akan dilakukan selama enam bulan di wilayah Kenten.

"Untuk di Kenten akan berbeda sedikit, program ACS akan dilakukan selama enam bulan. Karena berdasarkan evaluasi enam bulan itu cukup untuk memenuhi gizi, dan juga lebih efektif sehingga bisa membantu yang lain juga," tandasnya.


Camat Ilir Timur III Rusmeidi Saputra mengucapkan terimakasih kepada Rotary club of Palembang atas program ACS yang sudah dijalankan satu tahun di wilayahnya.


"Kami sangat berterimakasih dengan Rotary Club of Palembang karena kalau hanya mengandalkan program pencegahan stunting dari Pemerintah saja tidak akan tercapai. Sejak tahun 2021 angka stunting turun dari 416 anak menjadi 20 anak di 2023," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul Program ACS Rotary Club of Palembang Tahap 2 Telah Usai, 11 Penerima Manfaat Keluar Zona Stunting, https://palembang.tribunnews.com/2023/09/22/program-acs-rotary-club-of-palembang-tahap-2-telah-usai-11-penerima-manfaat-keluar-zona-stunting.

4 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page