top of page

Budikdamber RC Palembang



Ikan merupakan komoditi penting bagi kehidupan manusia. Banyak cara dalam pemeliharan ikan yang baik untuk melestarikan dan mengembangkan ikan. Sebenarnya ikan dapat dibudidayakan dimana saja tergantung dari tempat budidayanya yang mampu memenuhi kebutuhan oksigen bagi ikan. Namun, umumnya budidaya ikan memerlukan tempat yang luas dalam pemeliharaannya. Kendala akan dijumpai ketika kita tinggal di wilayah perkotaan yang padat penduduk serta memiliki lahan yang tidak terlalu luas. Tidak perlu khawatir, kendala tersebut dapat diatasi dengan teknik budidaya dalam ember.



BUDIKDAMBER merupakan singkatan dari Budidaya Ikan dalam Ember. Teknik yang menggabungkan sistem budidaya tanaman sayuran dan budidaya ikan dalam satu tempat sebagai upaya untuk menunjang ketahanan pangan. Budidaya dengan Teknik ini tidak terlalu rumit. Banyak kelebihan dan keuntungan yang didapat dengan budidaya dalam ember. Budidaya ikan dalam ember dapat menghemat karena tidak memerlukan listrik, tidak memerlukan banyak air dan suplai oksigen maupun sirkulasi air kolam. Pembuatan budikdamber ini tergolong cukup mudah dan sederhana.


Panen lele tahap 3, project Budi daya ikan dalam ember (Budikdamber) RC Palembang. program pelatihan berkolaborasi dengan Dinas pertanian dan ketahanan pangan kota Palembang. hasil panen lele ini membantu pemenuhan kebutuhan protein dalam program Ayo Cegah stunting yg sudah berjalan.


Satu ibu bercerita: " sejak pelihara Budikdamber, saat saya ga punya uang, saya bisa ambil ikan lele utk lauk dirumah utk anak anak makan, daging lelenya lebih manis,pak"

4 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page