top of page

Training is fun!

Merujuk kembali pada hasil Survey D3410 yang menjadi acuan D3410 Strategic Planning Committee, masalah kepemimpinan distrik menjadi perhatian Rotarians kita. Kepemimpinan yang dimaksud bukan saja soal district governor, tetapi soal jajaran kepemimpinan distrik secara keseluruhan.


Ternyata ekspektasi Rotarians dan Rotaractors kita tinggi. Kita menginginkan leadership yang mengejawantahkan ‘service leadership’ yang mengayomi, tetapi juga jajaran district officers yang kompeten, komunikatif serta kredibel. Jadi, district officers yang diinginkan adalah mereka yang memiliki leadership style yang rendah hati dan teladan, tetapi juga yang knowledgeable soal Rotary dan keunikan D3410, dapat mengarahkan dan memberi dukungan pada clubs dan Rotarians.


Untuk dapat memenuhi ekspektasi yang demikian tinggi, Rotarians yang mengemban peran sebagai district officer perlu dibekali. Oleh karena itu, partisipasi dalam program-program pelatihan yang diadakan oleh District menjadi penting. Training untuk para iIncoming district officers sedang dipersiapkan dan mereka perlu hadir karena informasi yang diberikan dan tukar pikiran yang terjadi di fora ini diharapkan akan memudahkan mereka menjalankan peran mereka secara memuaskan.


Sepulang dari International Assembly, DGE Ditte sudah mulai bekerja, menentukan siapa yang akan menemaninya di jajaran kepemimpinan D3410 untuk masa 2023/2024. Di International Assembly, DGE Ditte mendengar langsung dari RI President Elect, R. Gordon R. McInally, visinya dan apa yang hendak dicapainya sebagai pemimpin dunia Rotary International. Tugas DGE Ditte adalah bagaimana bisa menterjemahkan rencana kerja RI President Elect untuk rencana kerjanya di D3410, sesuai dengan konteks D3410 dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Yang perlu dibangun oleh DGE Ditte adalah alignment sasaran Rotary International dengan sasaran District 3410, sampai dengan sasaran kerja pada tingkat club. Keunikan Rotary adalah bahwa seorang pimpinan tidak bisa mencapai ini melalui directives atau instruksi, tetapi melalui membangun sinergi dan kolaborasi. Tidak mudah, bukan?


Rangkaian district training programs akan di-kick off dengan District Team Training Seminar (DTTS) di Yogya pada tanggal 18-19 Februari, dilanjutkan dengan PETS & DISTAS yang akan diadakan di dua lokasi, Bandung dan Medan. Format dari training yang telah dirancang oleh DGE Ditte bersama District Training Committeenya sedemikian rupa agar acara-acara pelatihan tersebut lebih hidup. Tujuannya adalah untuk menggugah diskusi dan tukar pengalaman, digiring oleh Rotarians sebagai fasilitator.


Porsi ceramah dan penyampaian informasi akan lebih sedikit, namun tak perlu khawatir karena agenda serta semua materi untuk training ini sudah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi di HP kita. Berarti, Rotarians yang akan mengikuti training, perlu melakukan persiapan diri, mempelajari materi yang telah tersedia sebelum hadir. Tanpa persiapan, waktu yang diluangkan untuk menghadiri training akan sia-sia. Jadi, untuk dapat optimize pelatihan ini, para district leaders untuk tahun 2023/2024 perlu berpartisipasi aktif, percuma kalau hanya pasif mendengar saja.


Yang perlu diingat, acara pelatihan ini adalah dari kita untuk kita, dari Rotarian untuk Rotarian – dan Rotaractors juga tentunya. Sebagai sesama professionals, entrepreneurs, academics dan entah apa lagi, yang semuanya pemimpin dan teladan di kehidupan kita di luar Rotary, kita berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Di Rotary, tidak ada ‘bos’, tidak ada ‘bawahan’, kita semua kawan dalam kemanusiaan. Juga tidak ada ‘right’ or ‘wrong’ dalam berbagi pandangan dan pengalaman.


Cari ini memang berbeda dengan training-training district sebelumnya. Mungkin ada yang tidak nyaman dengan perubahan ini, tetapi mungkin juga ada yang menarik nafas lega karena ada sesuatu yang baru yang dicoba oleh Distrik.


Teringat lagi pada ucapan Einstein, “we cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them.” Tak dapat dipungkiri bahwa D3410 mempunyai banyak masalah. Hal ini terungkap di jajak pendapat dan juga dapat dirasakan. Dengan mengakuinya, kita bisa bersama-sama mengatasinya. Dengan keberanian untuk mengubah cara kerja dan beradaptasi dengan keadaan, semua tantangan dapat diatasi, dinamis menuju perbaikan.


Jadi, buka HP Anda, klik https://bit.ly/dtc3410 , daftarkan diri pada training yang sesuai, baca materi, and siap-siap untuk FUN…!

8 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page