top of page

Summary points of Rotaract Club Officer Training 2023

Kegiatan : Rotaract Club Officer Training 2023

Tanggal : 23 & 24 Juni 2023

Lokasi : Zoom meeting

Organized by : District Learning Committee and District Rotaract Committee

Host club : Rotaract Club of Bandung Selatan Millennial




Sesi learning kali ini dikemas dengan menarik dan interaktif. Materi yang telah disusun sedemikian sistematis diberikan terlebih dahulu sebelum acara berlangsung, lalu disajikan secara singkat dan padat, kemudian peserta diberi kesempatan untuk brainstorming dan berdiskusi di breakout room dan difasilitasi oleh DRR, DRRE, DRRN.


Tujuan utama dari acara ini untuk membekali para leaders dengan pengetahuan, keterampilan, dan strategi kepemimpinan yang penting menjalankan perannya di tahun Rotary 2023-24.


Poin penting dari Rotaract Club Officer Training 2023:

1. Opening Remarks: Sustaining Clubs

· Siklus keberlangsungan Rotaract club: Rencana (Plan) – Aksi (Take Action) – Sumber Daya (Resources) – Citra Publik (Public Image)


2. Leadership Messages (Continuity of Leaderships)

· Rotary International President’s Theme 2023-24: Create Hope in The World

· District Strategic Priorities: Atmosphere, activities, leadership, management, dan values

· District Initiatives 2023-24: Do good, look good, be good, feel good

· Rotaract District Strategic Priorities: Project, Collaboration, Engage, Publicize

· Rotaract District Initiatives 2023-24: United in Hope (Inclusive, Fun, Impactful)


3. Planning & Managing Your Club

· Manfaatkan Rotary online tools (myrotary, brand center, learning center, dll) sebagai panduan dalam perencanaan dan manajemen klub agar hasil lebih baik dan terarah.

· Metode yang cukup adaptif dan aplikatif, salah satunya business model canvas yang dapat digunakan untuk perencanaan klub hingga program atau kegiatan.


4. Make an Impact

· Perencanaan and asesmen kebutuhan masyarakat sangat penting sebagai latar belakang yang kuat dalam membuat suatu program dan kegiatan.

· Buatlah program yang bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri, optimalkan sumber daya yang ada, pentingnya komunikasi efektif dan kolaborasi untuk memaksimalkan dampak kita.

· Pendanaan bisa didapat melalui kerjasama Rotary/Rotaract, relasi bisnis/ korporat (CSR), rotary’s grant (district and global grant).


5. District and Beyond

· Posisi district sebagai penghubung rotarians dan rotaractors dan fungsi district dalam promosi Rotaract, mendorong pembentukan klub baru, dan memberi dukungan lokal untuk klub.

· Membuka wawasan para club leaders adanya ruang yang sangat besar diluar club, yaitu District, MDIO, Zone dan international level beserta kegiatan-kegiatannya seperti District Rotaract Conference, APRRC, Interota, Rotaract Pre-convention, RI convention, dan World Rotaract Week.

· Mengingatkan kembali Core Values rotary yang melandasi kita dalam bertindak dan berkegiatan, yang terdiri dari Service, Fellowship, Diversity, Integrity dan Leadership.


6. Engaging and Attracting Your Members

· Engage: Kenali keunikan dan kemampuan masing-masing anggota, saling menghargai dan ciptakan suasana yang inklusi.

· Attract: Buat project yang relate dan tentunya fun untuk menarik minat anggota baru yang lebih bervariasi dan tingkatkan citra public


7. Telling Your Rotaract Story

· Metode story telling akan lebih menarik dan mudah dimengerti oleh masyarakat tentunya, dengan menekankan pada kenapa, bagaimana dan untuk siapa kita berbuat dibanding hanya memberikan informasi apa, dimana dan kapan kegiatan akan dilaksanakan.

· Kita bisa berbagi cerita tentang alasan kamu menjadi seorang rotaractors dan mengapa kita disebut sebagai people of action yang dikemas dengan Teknik story telling menarik. Telah banyak teknologi (ChatGPT, CapCut, Canva, Runway.ml) yang bisa kita manfaatkan dalam menyampaikan cerita kita.

· District juga tentunya telah menyiapkan wadah untuk publikasi cerita dan promosi kegiatan yang teman-teman rencanakan dan jalankan di club melalui social media district (Instagram @rotaract3410) dan Governor’s Monthly Letter Rotary District 3410.


8. Breakout Room Day-1

· Menitik beratkan pada identifikasi masalah dan keresahan para leaders di klub masing-masing dan mencoba mencari solusi dengan materi yang dipaparkan pada training.

· Rotaractors tahu adanya myrotary (tools & resources) dan pentingnya dalam membantu perencanaan dan manajemen klub, tetapi belum tahu bagaimana memanfaatkannya dan sebagian belum membuat akun.

· Club leaders merasa penting untuk sebuah club mempunya strategic plan untuk 1 tahun kedepan, karena setiap presiden punya concern dan target yang berbeda.

· Member club tidak banyak yang aktif (banyak kegiatan/sibuk, tinggal berjauhan, sering tugas keluar kota) sehingga club terkadang susah untuk melakukan project yang lebih besar. Sisi positifnya adalah mengetahui member yang benar berkomitmen, menunjukkan effort dan tulus dalam berbuat.

· Motivasi dan keguyuban member club dan antar-klub masih perlu ditingkatkan.

· Beberapa club susah menjalin hubungan kerjasama karena rotary/Rotaract masih kurang dikenal di daerahnya.

· Club-club punya project yang bagus tetapi kurang terpublikasi, penggunaan social media masih kurang dan kurang terintegrasi dengan district.

· Project yang dilakukan harus mengedepankan fun dan service, sehingga member yang ikut berkegiatan dan masyarakat yang dibantu sama-sama senang, bisa menarik minat volunteer.

· Klub dapat menambah member melalui open volunteer dan juga alumni-alumni kegiatan rotary juga. Ikut terlibat dalam kegiatan rotary dan relasi dengan rotary juga dapat membantu mencari leads untukk rotaractor.

· Mengikuti kegiatan berskala district, multi-district, atau internasional akan sangat memotivasi rotaractor dalam berkarya, saling berbagi pengalaman dan belajar dari Rotaract club di luar Indonesia.


9. Breakout Room Day-2

· Menitik beratkan pada pola pikir memecahkan masalah yang terjadi di klub masing-masing dengan mencari solusi bersama, karena banyak club yang memiliki keresahan yang sama dan dengan berbagi pengalaman kita bisa jadi solusi buat klub lain dan sebaliknya.

· Komunikasi dan pendekatan personal merupakan strategi untuk mendekatkan antar member, serta menciptakan lingkungan inklusif sehingga para member nyaman.

· Solusinya bisa dengan kegiatan yang menarik bagi anggota-anggota, pemetaan kemampuan dan keunikan teman-teman, sehingga member merasa diperlukan dan berkesempatan untuk berkontribusi, baik untuk club maupun membantu masyarakat. Terkadang member tidak tahu apa kontribusi yang bisa diberikan kepada clubnya hingga akhirnya menarik diri.

· Mengetahui tujuan seseorang masuk ke Rotaract, manfaatkan informasi tersebut untuk berinteraksi dan memotivasi mereka. Ada teman yang masuk ke Rotaract ingin belajar hal baru, berkegiatan social, membantu dengan keahliannya, mencari lingkungan yang positif, atau sekedar ngumpul dan menigisi waktu luang.

· Rotary dapat menjadi keluarga kedua kalian, saling berbagi cerita, membantu, dan menyemangati. Jika sedang berkunjung ke kota atau negara lain, jangan lupa mencari rotaractor/rotarian di daerah tersebut jika punya waktu kosong, dan sebaliknya juga kita menerima tamu dari luar daerah.


10. Feedback dari peserta training kali ini sangat positif, baik untuk penyelenggara, materi, dan para fasilitator. Para peserta juga berharap adanya sesi diskusi lanjutan dan offline training sehingga bisa belajar bersama sekaligus meningkatkan kekompakan, kehangatan, dan keseruan antar sesama rotaractors. Diskusi akan berlanjut di Rotaract District Training Assembly (DISTAS) yang dilaksanakan tanggal 2 Juli 2023 di Bandung.

11 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page