top of page

September Ceria: Membangkitkan Team Spirit D3410

Menghadiri rangkaian kegiatan district assembly bulan Agustus lalu, amat menyenangkan. Terutama karena District Strategic Planning Committee diberi kesempatan untuk menyampaikan observasinya mengenai D3410. Terlihat jelas keragaman peserta: ada Rotarians yang sudah lama kenal Rotary, ada yang baru; ada yang berasal dari club yang anggotanya banyak, ada yang hanya segelintir orang saja; ada yang mempunyai service projects yang jelas, ada yang masih mencari-cari. Yang jelas semua yang hadir, peserta maupun fasilitator, entusias dan semangat.


Bagaimana menggalang semangat dan kebhinekaan ini menjadi suatu kekuatan untuk memajukan kegiatan kemanusiaan Rotary? Bagaimana caranya agar Rotary dikenal di mata publik sebagai komunitas kebaikan terdiri dari individu-individu yang peduli pada sekitarnya dan ingin melakukan perubahan nyata? Bagaimana kita bisa berbagi memberi kehidupan yang layak dan bermartabat bagi mereka yang kekurangan, menciptakan lingkungan hidup yang asri bersahabat?


Ini yang perlu dipikirkan oleh District Team.


Ada yang berpendapat bahwa Rotary pada tingkat District tidak penting. District tak perlu melakukan kegiatan bersama. Paling poll melakukan training saja. District cukup sebagai administrator saja, cukup memastikan bahwa dues terbayar tepat waktu, cukup menuntut penambahan jumlah anggota dan tingginya jumlah sumbangan ke TRF, cukup memastikan sebanyak mungkin club mendapatkan Citation. Apakah ini tugas seorang District Governor dan District Teamnya?


Tentunya bukan. Tugas dan tanggungjawab District Team lebih dari sekadar mengejar angka dan statistik. Tanggung jawab Governor dan district officers adalah ‘to ensure continuity’ – menjamin keberlangsungan Rotary di D3410. Demi kontinuitas, seperti yang tertulis di MOP, District perlu ‘support club and district activities and functions.’ Support yang dimaksud adalah memberi arahan - to lead, memimpin - sekaligus to serve – melayani keperluan clubs dan kegiatan district.


Kita semua tahu bahwa Rotary clubs penting. Jelas. Clubs adalah kekuatan kita di lapangan, the feet on the ground. Oleh karena itu, Rotary International menyediakan segala perangkat dan sarana untuk memberdayakan Rotarians dan clubs. Namun tidak berarti District kemudian tidak penting dan tidak diperlukan.


Untuk menjamin keberlangsungan Rotary di D3410 dan agar District Team bisa 'support club and district activities and functions' secara efektif dan terarah, district memerlukan suatu strategic plan yang khusus menanggapi situasi dan kondisi 3410. Dengan kata lain, Action Plan yang dihasilkan Evanston perlu diadaptasi agar sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan D3410 - dengan segala keunikannya. Tidak cukup copas saja.


Terungkap dari jajak pendapat anggota D3410 yang dilaksanakan oleh SPC untuk pertama kalinya pada awal tahun 2022, ada 5 hal yang perlu diperhatikan oleh District Team, yaitu terkait suasana, kegiatan, kepemimpin, pengelolaan dan nilai2 Rotary.


Mengapa 5 hal ini menjadi perhatian? Karena Rotarians di D3410 menginginkan:


  • suasana yang bersahabat dan guyub di antara kita; adanya persatuan, bukan clique-clique atau kubu-kubu, egoisme dan pilih kasih;

  • melakukan kegiatan yang menarik ataupun berarti bagi masyarakat yang membutuhkan ataupun bagi Rotarians sendiri;.

  • pimpinan District yang mengayomi, tidak hanya mengejar target-target RI;

  • pengelolaan District yang transparan dan inklusif, mampu mengangkat brand Rotary D3410 sebagai komunitas kemanusiaan yang menarik dan berguna bagi semua pemangku kepentingannya;

  • pengamalan nilai-nilai Rotary, ‘service above self’ dan FIDLS.

Untuk itu, anggota District Team serta club officers perlu menggunakan semua ketrampilan, tools, keahlian dan soft skills kita untuk menjalin persahabatan, mempererat hubungan antar Rotarian, membuat suasana di clubs menyenangkan dan hidup. Bertemu dengan sesama Rotarians menjadi sesuatu yang menyenangkan. Meningkatkan kesetia-kawanan sesuai nilai-nilai Rotary. Saling mendengar dan saling menghargai.


Istilah kerennya adalah District Team perlu menciptakan an enabling environment agar clubs bisa berfungsi secara optimal dan potensi Rotarians/Rotaractors diberi ruang untuk berkembang.


Dengan demikian, menyadur pemikiran Aristoteles, D3410 akan menjadi greater than the sum of its parts, dalam konteks kita, greater than the sum of its clubs, karena bila District Team bisa mengarahkan dan mensinergikan keunggulan masing-masing club, Rotary di D3410 sebagai suatu kesatuan akan menjadi lebih tangguh dan lebih maju dengan brand yang kuat dan dampak lebih besar.


Ingat artinya TEAM: Together Everyone Achieves More!
1 view0 comments

Bình luận


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page