top of page

World Polio Day 2023 - area Yogyakarta



Pada Minggu, 15 Oktober 2023, RS Panti Rapih Yogyakarta berkolaborasi dengan Rotary International District 3410 area Yogyakarta, mengambil langkah signifikan dalam mengatasi wabah polio yang mengkhawatirkan di Indonesia dan mempromosikan pengelolaan limbah melalui Sunday Talkshow. Acara ini diadakan di Sleman City Hall dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang bahaya polio dan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya anak-anak tentang menjalani gaya hidup sehat.


Dengan kasus polio yang terkonfirmasi dilaporkan di berbagai wilayah Indonesia sejak November 2022, termasuk di Banda Aceh dan Purwakarta, Rotary Club sangat prihatin dengan situasi tersebut. Sebagai respon, Rotary Club Distrik 3410 berkolaborasi dengan RS Panti Rapih untuk mengatasi wabah polio yang mengkhawatirkan sekaligus mempromosikan praktik hidup sehat dalam masyarakat.


Sambutan penuh motivasi dari drg. Vincentius Triputro Nugroho, M. Kes, Direktur Utama RS panti Rapih memperkuat komitmen rumah sakit terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam 94 tahun pelayanan RS Panti Rapih. Beliau juga menekankan dedikasi rumah sakit untuk bekerja erat dengan masyarakat dan berkolaborasi dengan lembaga guna menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi semua.


Talkshow yang memberi wawasan dipandu oleh dua orang profesional dari RS Panti Rapih, yakni dr. Anastasia Ratnaningsih, Sp. A, seorang dokter spesialis anak , dan Dr. Dr. Jodi Visnu, MPH. Kedua pembicara berbagi wawasan berharga tentang pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan higienis, terutama bagi anak-anak.


Acara ini berhasil menyoroti kebutuhan melawan wabah polio dengan segera dan masalah pengelolaan limbah di Yogyakarta. Kolaborasi antara Rotary International District 3410 area Yogyakarta dan RS Panti Rapih menjadi contoh inspiratif tentang kerja bersama demi kebaikan masyarakat.


Dengan bergandengan tangan, organisasi-organisasi ini berharap dapat mempercepat pencapaian SDGs dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih bagi warga Yogyakarta. Komitmen yang ditunjukkan oleh RS Panti Rapih dan Rotary International adalah perwujudan dari tekad masyarakat untuk mengatasi tantangan-tantangan yang mendesak ini.


Para peserta yang hadir dapat membawa pulang pengetahuan yang berharga dan rasa tanggung jawab baru terhadap kesehatan mereka sendiri dan lingkungan. RS Panti Rapih tetap berkomitmen pada misi mereka untuk melayani masyarakat dan membangun kemitraan demi masa depan yang lebih baik. Hal ini merupakan komitmen yang dibangun untuk kesejahteraan warga Yogyakarta.


Dengan upaya yang dilakukan oleh RS Panti Rapih dan Rotary International District 3410 area Yogyakarta, ada harapan untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk bebas dari polio dan peduli terhadap masalah limbah.


Artikel ini ditulis oleh :

Dr. dr. Jodi Visnu, MPH

(Hospital Representative RS Panti Rapih Yogyakarta)

52 views1 comment

1 Comment


Daniel Surjadi
Daniel Surjadi
Nov 01, 2023

Penyebaran kesadaran: Dengan mendorong club-club untuk merayakan World Polio Day, informasi tentang pentingnya eradicating polio dan peran Rotary International District 3410 dapat lebih merata tersebar di seluruh Area. Bekerjasama dengan komunitas setempat dan mitra kerja untuk meningkatkan kesadaran tentang polio dan menggalang dukungan dalam upaya eradicating polio.

Like
POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page