top of page

Rotary Club se-Bandung dan Kader Posyandu Rayakan Hari Polio Sedunia dengan Kunjungan ke Bio Farma



Setelah 8 tahun Indonesia memperoleh sertifikat Bebas Polio dari WHO, ternyata di bulan November 2022 wabah polio kembali merebak di Kab. Pidie, Aceh. Pemerintah akhirnya menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di 3 provinsi di Indonesia yaitu di Aceh, Sumatera Utara dan Jawa Barat.


Penyebab merebaknya kasus polio ini karena cakupan imunisasi yang rendah dan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Sejak pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang enggan atau takut membawa anaknya untuk di imunisasi termasuk vaksin polio, sehingga cakupan imunisasi polio jadi menurun.


Pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023, klub-klub Rotary se-Bandung bersama kader Posyandu binaan melakukan kegiatan kunjungan ke PT. Bio Farma (Persero), dimana Bio Farma adalah produsen vaksin polio terbesar yang telah mengekspor produknya ke lebih dari 150 negara dan memenuhi 70% kebutuhan vaksin polio di dunia.


Acara yang bertajuk “World Polio Day Together, We End Polio” selain dilaksanakan bertepatan dengan “Hari Polio Sedunia” sekaligus memberikan awareness tentang pentingnya layanan Posyandu terhadap kemungkinan virus polio yang bisa muncul kapan saja, selain sebagai fasilitas pelayanan bagi ibu dan anak.


Pada tahun 1985, Rotary meluncurkan PolioPlus lalu pada tahun 1988 berkontribusi dalam pendirian Global Polio Eradication Initiative, bersama dengan World Health Organization (WHO), U.S Centers for Disease Control and Prevention, UNICEF, Bill & Melinda Gates Foundation, dan Gavi the Vaccine Alliance untuk mengimunisasi anak-anak.


Organisasi sosial Rotary merupakan jaringan global yang terdiri atas teman, keluarga, komunitas, dan para pemimpin yang bersatu dan mengambil tindakan untuk menciptakan perubahan yang abadi untuk kebaikan bersama dalam komunitas di seluruh dunia.


Dengan motto pelayanan service above self, menjadi inspirasi para anggota untuk memberikan pelayanan kemanusiaan, mengikuti standar etika yang tinggi, dan mempromosikan niat baik dan kedamaian di seluruh dunia.


Di Bandung, terdapat 7 (tujuh) klub Rotary yang masing masing memiliki program kerja sosial di bidang edukasi dan literasi, perdamaian, kesehatan ibu & anak, sanitasi dan air bersih, memberantas wabah penyakit, pengembangan UKM, dan lingkungan.

9 views1 comment

1 Comment


Daniel Surjadi
Daniel Surjadi
Nov 01, 2023

Keterlibatan yang Lebih Besar: Dengan klub-klub lokal yang aktif terlibat dalam penyelenggaraan acara World Polio Day, akan ada keterlibatan yang lebih besar dari anggota klub dan masyarakat setempat. Hal ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk berkontribusi, baik dalam bentuk dukungan finansial maupun sebagai relawan.

Like
POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page