top of page

Rotary Club Purwokerto - Denpom IV / 1 Purwokerto Bantu Air Bersih Untuk warga di Kec. Sumpiuh




Kekeringan yang melanda sebagian wilayah Banyumas mengakibatkan masyarakat mengalami kekurangan air bersih.


Karena itu, Rotary Club Purwokerto berkolaborasi dengan Denpom IV 1 Purwokerto bersama-sama membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan air bersih.


Kali ini masyarakat dua desa di wilayah Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah yakni Desa Nusadadi dan Desa Karanggendang mendapatkan bantuan air bersih kurang lebih sebanyak 12 tanki atau sekitar 50 ribu liter air.


Dari pantauan purwokertoinsight.com, hari Kamis 14 September 2023, bantuan air bersih itu berasal dari Rotary Club Purwokerto sebanyak 10 tanki, dan Denpom IV 1 Purwokerto 2 tanki.


Selain air bersih, Rita Group memberikan bantuan berupa beras, indomie dan Rajawali Makmur Bersama (RMB) yakni produk sabun cuci baju, sabun cuci piring serta tissue sabun.


Bantuan tersebut langsung dianter oleh Pengurus Rotary Club Purwokerto yaitu Presidennya Isma, owner Rita Grup Buntoro, owner RMB Agus Sudjono, Dandempom IV 1 Purwokerto Letkol CPM Irianto, Hartono Surya, Kepala CIMB Niaga Purwokerto Hengki Sumargo, Ali Rokhman dari Akademisi dan Kepala Markas PMI Banyumas Ariono serta didampingi Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto.


Menurut Presiden Rotary Club Purwokerto Isma, bantuan yang diberikan kepada masyarakat di dua desa itu bagian dari ikut membantu warga yang mengalami kekurangan air bersih.


"Ini para pengusaha yang tergabung dalam rotary club' Purwokerto ingin membantu meringankan masyarakat yang kita tau pada saat ini sedang membutuhkan air bersih karena memang sedang musim kemarau,"kata Isma.


Dan Desa pertama yang dituju yaitu Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh tepatnya grumbul Soka Rt 07 Rw 02. Di grumbul terdapat 25 kepala keluarga (KK) yang terdampak krisis air bersih.


Salah satu Warga Rt 07 Rw 02 terdampak air bersih Ibu Tirah mengungkapkan sudah tiga bulan, ia dan keluarganya tidak mendapat air bersih.


"Air ada tapi banyak pasirnya, untuk minum nda iso, wis telung wulan ora nana air resik," kata Tirah kepada Purwokertoinsight.com.


Sedangkan di Desa Karanggedang tepatnya di grumbul Slawer Rt 01 Rw 02, warga yang terdampak ada 35 KK. Sementara itu, Dandempon IV 1 Purwokerto Letkol CPM Irianto mengatakan pihaknya bersama dengan Rotary Club Purwokerto sangat peduli terhadap kesulitan warga sehingga bantuan air bersih bisa terealisasi.


"Kami sebagai institusi TNI akan terus hadir ditengah kesulitan yang dihadapi warga masyarakat. Apapun kesulitannya termasuk kebutuhan air bersih. Alhamdulillah saya bersama teman teman pengusaha dalam Rotary Club Purwokerto hadir disini bantu bapak ibu semoga bermanfaat,"ucap Letkol CPM Irianto.


Sementara Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto menjelaskan, di desa Nusadadi dan Desa Karanggedang kalau musim hujan banjir dan sebaliknya di musim kemarau kekeringan.


"Air sungai disini adalah limpahan dari laut dimana asin sehingga ga bisa digunakan untuk minum, dan kalau musim hujan malah banjir, disini memamg seperti itu kondisinya,"jelas Camat Ahmad Suryanto.


Karena itu, kata dia, dengan adanya bantuan air bersih dari Rotary Club Purwokerto dan Denpom IV 1 Purwokerto sangat membantu masyarakatnya.


"Terima kasih kepada Rotary Club Purwokerto dan Denpom IV / 1 Purwokerto atas bantuan bagi masyakarat kami,"ujarnya.


Dia berharap kepada masyarakat baik di desa Nusadadi maupun Desa Karanggedang untuk memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. "Tolong ya bapak ibu sedulur dihemat hemat ya bantuan ini, moga ada bantuan lagi ke depannya,"imbuh Ahmad Suryanto.



2 views0 comments

留言


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page