top of page

Rotary Club Indonesia Bantu Pemerintah Tangani Polio



Rotary Club Indonesia berkomitmen untuk membantu pemerintah untuk menanggulangi penyakit Polio.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Distrik Rotary Club Indonesia, Rionardi Charles Wong dalam sambutan di District Conference 2023 di hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (12/5/2023).


Ia menuturkan, meski Indonesia telah bebas dari polio sejak tahun 2014, namun dengan ditemukannya satu di Pidie, Aceh maka pemberantasan polio harus dilakukan dengan cara vaksinasi.


"Kami membantu pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi polio setelah ditemukannya satu kasus Polio di Pidie Aceh," kata dia.

Disampaikan bahwa Rotary Internasiomal telah bekerja memberantas polio selama lebih dari 35 tahun.


Tujuannya untuk mengentaskan penyakit yang seharusnya sudah sejak lama tidak ada lagi.

Sebagai mitra pendiri Inisiatif Pemberantasan Polio Global, Rotary telah mengurangi kasus polio sebesar 99,9 persen sejak kegiatan pertama untuk memvaksinasi anak-anak di Filipina pada tahun 1979.


Para anggota Rotary telah menyumbang lebih dari $2,1 miliar untuk melindungi hampir 3 miliar anak di 122 negara dari penyakit yang dapat membuat anak lumpuh ini.


"Hubungan Rotary terhadap polio itu ada sejak lebih dari 35 tahun lalu. Kami bekerjasama dengan dunia untuk mengentaskan polio," tuturnya.


Salah satu peserta yang hadir, Past Presiden Rotary Club Bandar Lampung Aliong menyatakan, turut berbangga bahwa Rotary telah menjadi bagian dari pemberantasan polio.


"Apapun kekurangan pemerintah Rotary bisa isi. Kita juga harus menjaga pro aktif seperti menyediakn santiasi, air bersih, maupun di bidang pertanian. Maka kesejahteraan, mensosialisasika hidup layak harus terus didengungkan," harap Aliong.


Hal senada juga diungkap Lia Kusuma member dari Rotary Club Menteng yang turut hadir.


Dalam acara tersebut turut hadir perwakilan Kementerian Kesehatan, dr. Endang Budi Hastuti, HKM.

District conference 2023 menjadi kegiatan spesial karena berlangsung tatap muka, setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19.


Pertemuan ini dihadiri lebih dari 130 rotarian dari districk 3410.


3 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page