top of page

Rotary Citation



Apa itu Rotary Citation?

Rotary Citation merupakan penghargaan dari Rotary International untuk club-club yang sudah bekerja keras berkontribusi untuk membuat perubahan yang langgeng di masyarakat maupun di dunia baik melalui aktivitas sosial, proyek-proyek berskala lokal maupun global, memperkuat citra Rotary dan mendukung program-program yang berkaitan dengan generasi muda. Rotary Citation juga merupakan bentuk apresiasi dari Rotary International kepada club-club yang telah menyelenggarakan tertib administrasi melalui penggunaan My Rotary dan Rotary Club Central secara berkesinambungan dan berkelanjutan.


Pencapaian Rotary Citation disampaikan oleh Rotary International setiap akhir tahun Rotary (30 Juni) dan club-club yang meraih Rotary Citation akan mendapatkan email langsung dari Rotary International berupa sertifikat penghargaan digital.


Mengapa club-club dimotivasi untuk meraih Rotary Citation?

Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, club diberi panduan oleh Rotary International dalam bentuk Action Plan Rotary International. Action Plan ini kemudian diterjemahkan oleh District 3410 menjadi Strategic Plan District 3410 agar sesuai dengan situasi dan kondisi terkini dsitrict. Strategic Plan District yang bersifat jangka panjang kemudian di-sari-kan oleh District Governor dalam bentuk Inisiatif tahunan yang bertujuan untuk memberikan panduan club-club dalam melakukan kegiatannya agar sejalan dengan visi dan misi Rotary, sekaligus tetap menjaga nilai-nilai dasar Rotary atau biasa disebut sebagai Core Values.


Sebagian club mungkin menganggap bahwa sebagai volunteer organization, tidak diperlukan suatu perencanaan goal layaknya suatu corporate/perusahaan. Rotary, walaupun sebagai volunteer organization tetap membutuhkan rencana-rencana untuk dapat terus sustain, berkembang, dan meningkatkan pelayanan kepada sesama kita yang membutuhkan, begitupula di level club, perencanaan goal tetap diperlukan.


Rotary Citation dalam hal ini dapat menjadi alat bantu club dalam melakukan perencanaan, pelaporan, dan evaluasi atas goal-goal club. Dengan kata lain Rotary Citation mendorong club untuk dapat berjalan lebih taktis, strategis, terarah, dan vibrant.


Bagaimana langkah-langkah meraih Rotary Citation?

Setelah kita memahami benefit dari Rotary Citation untuk club kita, berikut langkah-langkah praktis agar club kita dapat meraih Rotary Citation:

  1. Pastikan para Club Leaders dan Club Officer sudah mempunyai akun My Rotary dan sudah terdaftar sebagai Club Leaders dan Club Officer di My Rotary, hal ini diperlukan untuk mempermudah club dalam hal pengisian target-target Rotary Citation. Untuk informasi apakah Club Leaders dan Club Officer Anda telah mempunyai akun dan telah terdaftar di My Rotary, Anda dapat menghubungi District Excutive Secretary - PP John Soe dari RC Jakarta Sentral International.

  2. Syarat utama untuk club qualified mendapatkan Rotary Citation adalah membayar RI Dues tepat waktu disetiap semesternya. Pengertian tepat waktu adalah club membayar RI Dues tidak lebih dari satu setengah bulan sejak tagihan RI Dues muncul (tagihan akan dikirim oleh RI ke club via email sekretaris dan Presiden Club), atau sebelum peringatan 60 hari tagihan dlm bentuk email diterima oleh club. Untuk semester pertama, pembayaran tagihan masih dianggap tepat waktu jika dibayarkan selambatnya pertengahan bulan Agustus, untuk semester dua selambatnya pertengah bulan Februari.

  3. Club diminta untuk memasukan minimal 13 goal club dengan menggunakan template goal yang sudah tersedia di Rotary Club Central, dan club diminta untuk memasukan pencapaian goal di Rotary Club Central. Tenggang waktu pemasukan goal club adalah sejak 1 Juli sampai dengan 30 Juni. Bagi club-club yang meraih minimal 13 goal di Rotary Club Central dan sudah membayar RI Dues tepat waktu akan mendapatkan Rotary Citation.

Apa saja goal-goal yang tersedia di Rotary Club Central?

Ada 26 goal yang dapat dipilih oleh club sebagai goal club, Rotary Citation mensyaratkan minimal club memilih 13 goals dan meraih 13 goals, yang perlu diperhatikan antara goals yang dipilih dan goals yang diraih tidak selalu harus sama persis, sepanjang di 30 Juni club meraih minimal 13 goals dan telah membayar RI dues tepat waktu, maka club akan meraih Rotary Citation. 26 Goal tersebut terbagi dalam lima kategori sbb:

  1. Members & Engagement

  2. Rotary Foundation Giving

  3. Service

  4. Young Leaders

  5. Public Image



42 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page