top of page

Remembrance Ratu Sastrawiria



In Loving Memory, PP Ratu Sastrawiria

03 Agustus 1972 - 15 September 2023

Dengan sangat sedih RID3410 telah kehilangan seorang Rotarian sejati, Past Presiden Ratu Wulan Sastrawiria. PP Ratu bergabung dengan Rotary pada tahun 2015, dengan Klasifikasi Event Organizer, dan menjabat sebagai presiden Rotary Club of Bandung Selatan pada tahun 2015-2016.


Pada tahun ini dimana saya sebagai District Governor, PP Ratu menjabat sebagai District Event Chair dan District Conference (DisCon) Chair. PP Ratu adalah seorang pemimpin yang sangat konseptual, menunjukkan etika, rasa hormat, dan integritas tertinggi. Sebagai District Conference Chair, walaupun dalam keadaan sakit, beliau tetap bekerja keras mempersiapkan serta memetakan konsep acara DisCon 2024 dan mengarahkan team kepanitiaan untuk menuju pencapaian yang terbaik.


PP Ratu menunjukkan kepada kita bahwa betapa pun sulitnya hidup, kita harus belajar darinya setiap hari dan menerima setiap momennya, karena kita tidak pernah tahu bagaimana atau kapan itu akan berakhir.

PP Ratu orangnya santai tapi serius dan mempunyai komitment tinggi. Selalu siap untuk membantu teman. Dia menikmati persahabatan dan kebersamaan sebagai seorang Rotarian. PP Ratu menikmati tugas-tugas yang diberikan dan tidak pernah melalaikan tugas atau komitmennya terhadap Rotary.


Almarhumah adalah anggota Rotary yang berdedikasi, bertekad, dan dapat diandalkan. Beliau menganut cita-cita tentang apa artinya menjadi seorang Rotarian. PP Ratu terinspirasi dan bersedia menerima tantangan yang dihadapi Rotary bahkan sampai pada titik menerima peran kepemimpinan sebagai Club presiden dengan dorongan dan dukungan dari rekan-rekan Rotariannya. Selain itu banyak peranan yang telah dipegang dalam struktur Rotary sebagai District officer dan Asisten Governor untuk beberapa District Governor.


“The Ideal of Service” adalah aksioma penting dalam Object of Rotary. PP Ratu tidak hanya menerima hal itu, dia menjalaninya dalam kehidupan Rotarynya, kehidupan pribadinya dan kehidupan profesionalnya.. Selalu sadar akan moto Rotary “Service above Self”, PP Ratu berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut sepenuhnya. Sambil berbagi keahlian dalam bidangnya sebagai event organizer.


PP Ratu sangat menghayati Rotary’s Four way Test dan Rotary’s Core Values yang menjadi moral code dalam kehidupan pribadi dan juga professional nya serta memastikan bahwa semua prinsip dipatuhi dengan mempercayainya, mempraktikkannya, dan mempromosikannya.


Kadang ada perasaan kecewa karena beliau diambil dari kami terlalu cepat. Namun seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa lebih mudah untuk mengingatnya di hati saya setiap kali saya mengalami suatu pencapaian.


“Kemenangan kita adalah kemenangannya karena kita semua membawa sebagian dari dirinya bersama kita. Dia telah mencapai banyak hal dalam waktu singkatnya di bumi. Selama kita menjaganya dalam ingatan kita, dia akan terus menjadi bagian dari keberhasilan kita.”


Saya tahu dia berada dalam keadaan yang lebih baik sekarang, tanpa penyakit dan rasa sakit. Selamat jalan adikku sayang, kami semua menyayangimu dan yang pasti kami akan merindukanmu serta kegigihanmu, bimbinganmu, tanggapanmu yang jujur, dan jiwa kepedulianmu.


With much love,

Your loving sister,

Ditte Sukardi

District 3410

Governor 2023-2024


41 views1 comment

1 Comment


Yoserina Muharmi
Yoserina Muharmi
Sep 26, 2023

In shaa Allaah, Rahimahallah PP Ratoe selalu berada dalam hati kita semua.

Meski tidak bisa saya pungkiri, bahwa rasa kehilangan itu tetap ada.

Like
POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page