top of page

Pemerintah Provinsi Lampung Apresiasi Bantuan Club Rotary Raden Intan ke Masyarakat



Rotary Club Lampung Raden Intan (RCLRI) secara langsung menggelar acara peresmian dan pelatihan proyek Irigasi dan Peningkatan Ekonomi Pedesaan di Lampung pada, Minggu 13 Agustus 2023 malam.


Kegiatan dilangsungkan di Angel Wings, Bandar Lampung yang dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto yang mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, kemudian Budiyono selaku Pimpinan Bank Indonesia Provinsi Lampung.


Hadir juga Budi Darmawan selaku Kadis Pemanfaatan Sumber Daya Air, PDG Eva Kurniaty, DG Ditte, Presiden RCLRI Daniel, President Seven beserta rombongan dari Rotary Club Hsinchu Peace, Taiwan, PP Christian Chandra, PP Rusli Taslim, AG Chandra, Suhu Sie Ching, President Sahanah, President Yusuf.


Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah Provinsi Lampung mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan Club Rotary Raden Intan Kepada masyarakat Lampung.


"Saya atas nama pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan terimakasih apresiasi kepada Rotary Club kepada donasi, mudah-mudahan kontribusi Rotary Club untuk Lampung akan terus meningkat dimasa yang akan datang," kata Fahrizal Darminto dalam sambutannya, Minggu (13/7/2023).


"Tentunya kami mengsupport kegiatan yang dilakukan Rotary Club Raden Intan, perlu di ketahui Lampung merupakan daerah yang masuk 3 besar dengan jumlah penduduk terbanyak di luar pulau Jawa, dan 70 persen masyarakat Lampung sebagian besar hidup di sektor bertanian dan perkebunan," ucapnya.


Dalam kesempatan itu juga Sekertaris Daerah Provinsi Lampung menyampaikan Pertanian di Lampung mengalami peningkatan sehingga dapat memberi kontribusi ke Provinsi Lampung.


"Hasil petani kita di Lampung mengalami surplus sehingga memberi kontribusi untuk daya tahan pangan di Indonesia," pungkasnya.


Sementara, Presiden Daniel mengatakan secara keseluruhan telah membangun sepanjang total 4,11km di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah (Desa Rama Dewa, Rama Nirwana, Rama Gunawan, Rukti Harjo) dan Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran Desa Gedong Tataan dan Bogorejo yang dibangun oleh Rotary Club Lampung Raden Intan, didukung juga oleh Rotary District Hong Kong dan Filipina,


Sementara dana dari proyek irigasi di Lampung senilai USD 113,750, selain dari RC Lampung Raden Intan, juga ditambah dari international partner di Rotary International, yang diperkenalkan oleh PDG Eva Kurniaty.


"Rotary Raden Intan ini sudah lama berjalan, dan kami fokus membantu masyarakat dalam pembuatan proyek-proyek seperti, Irigasi, Sanitasi, membagi kandang peternakan dan giat sosial lainnya dengan tujuan untuk membantu masyarakat, dan ini berjalan dari dukungan semua pihak se-internasional," kata Daniel dalam agenda peresmian irigasi di Gedung Tataan Pesawaran.


Di tempat yang sama PDG 2013-2014, Eva Kurniaty menyampaikan ide untuk membantu masyarakat berkat motivasi dari alm Mustakim.


"Terus terang ide ini bermula dari bapak yang saya sangat hormati yakni bapak Mustakim, beliau yang mendirikan Club Rotary Raden Intan, pada saat itu beliau menceritakan banyak hal untuk membantu masyarakat seperti Santitasi dan Irigasi.


"Singkatnya kami telah bangun 3 Santitasi disini, bantu masyarakat mewujudkan air bersih, kandang Kambing dan yang terbaru irigasi, dan bedah rumah, beliaulah yang memberi ide kepada saya," kata demisioner PDG Eva Kurniaty.


Dana dari proyek ini senilai USD 113,750, selain dari RC Lampung Raden Intan, juga ditambah dari international partner di Rotary International, yang diperkenalkan oleh PDG Eva Kurniaty. Terima kasih banyak untuk PDG Eva Kurniaty yang sudah membantu kami dengan luar biasa.


Saluran irigasi ini telah mengairi 634 hektar sawah, dan menyejahterakan lebih dari 687 keluarga petani. Kami berharap semoga proyek ini bermanfaat bagi seluruh petani, dan meningkatkan kesejahteraan mereka.


Lebih lanjut ia mengatakan, atas motivasi dari Mustakim Club Rotary semangat mencari dana dari Luar Negeri sehingga semua bisa berjalan.


"Cerita dari Bapak Mustakim saya bawa ke internasional akhirnya banyak club-club negara luar yang bantu kami mewujudkan harapan masyarakat seperti dari Taiwan, Hongkong Singapura dan ke depan sudah banyak yang ingin membantu Club Rotary untuk mewujudkan harapan masyarakat," ujarnya.


Sementara, PDG 2022-2023 Ditte mengatakan, Rotary memiliki misi untuk perubahan yang langgeng memiliki tujuan untuk membantu masyarakat.


"Kami Rotary Club menginginkan perubahan untuk masyarakat seluruh Indonesia termasuk Lampung dengan tujuan membantu masyarakat meningkatkan taraf hidup sejahtera masyarakat," tuturnya.


Bahkan kedepan lanjut PGD Ditte pihaknya akan terus melakukan pelatihan untuk petani seperti pemberian bibit beras organik dan beras Jepang sehingga dapat di ekspor dan membantu Ekonomi Petani.


(Tribunlampung.co.id/Riyo Pratama)

32 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page