top of page

Paul Harris Society



APA SIH YANG DIMAKSUD DENGAN PAUL HARRIS SOCIETY?

Begini, ada tiga kunci utama pengabdian kita sebagai Rotarian di Rotary:


1. Melaksanakan kegiatan pelayanan kemanusiaan Rotary, dalam 7 Areas of Focus: - Peace and Conflict Prevention / Resolution.- Disease Prevention and Treatment. - Water and Sanitation. - Maternal and Child Health. - Basic Education and Literacy. - Economic and Community Development.

2. Mengembangkan keanggotaan Rotary dengan cara mengundang, mengajak teman sahabat saudara rekan kerja menjadi anggota Rotary Club di mana saja di seluruh Indonesia ( dan dunia )

3. Secara sukarela menyumbangkan sebagian kelebihan penghasilannya ke The Rotary Foundation.


Nah, sekarang kita bicara nomor 3: MENYUMBANG ke Rotary Foundation.


BAGAIMANA CARA MENYUMBANG?

Ada berbagai cara! Kita bisa menyumbang melalui:


EREY : Rtn menyumbang USD 100

PHF : Rtn menyumbang USD 1000

Major Donor 1 : Rtn menyumbang USD 10,000

Dan sebagainya


Ingat!

1. Sumbangan itu bersifat sukarela, semau dan semampu kita, bukan paksaan!

2. Sumbangan itu ada bermacam-macam: Annual Fund Share, Polio Plus Fund, World Fund, Disaster Response Fund, Pakistan Flood Response Fund dan Ukraine Response Fund.

3. Untuk kita di District 3410-3420 yang paling disarankan adalah ANNUAL FUND SHARE dan POLIO PLUS FUND.


Mengapa disarankan ANNUAL PROGRAM FUND? Menhapa diusulkan POLIONPLUS FUND?


1. POLIO PLUS FUND dibutuhkan untuk membrantas penyakit polio. Satu anak kena polio, bisa menular ke anak di seluruh dunia, karena itu polio harus diberantas dengan vaksinasi anak di seluruh dunia. Dana inilah yang sangat dibutuhkan Rotary, juga demi keselanatan anak Indonesia sendiri.

2. ANNUAL PROGTAMS FUND sangat dibutuhkan bagi Indonesia, yang termasuk negara yang sedang berkembang, karena sumbangan ini dapat kita manfaatkan untuk memancing sumbangan yang berlipat-lipat lebih besar dari Rotary District/Club di luar negeri dan dari Rotary Foundation!


APA ITU PAUL HARRIS FELLOWS?

Rotarian bisa menyumbang berapapun semau dan semampu yang bersangkutan. Tidak ada paksaan, yang ada adalah himbauan, dan sebagai REWARD, Rotary Foundation menyiapkan berbagai ROTARY PIN yang sangat indah dan bernilai!


Salah satunya adalah Pin PHF yang dihadiahkan kepada penyumbang yang telah menjadi Paul Harris Fellow, atau yang telah menyumbang USD 1,000 ke The Rotary Foundation.


APA BEDA "PAUL HARRIS FELLOWS" ( PHF ) DENGAN "PAUL HARRIS SOCIETY" ( PHS )

Pemegang PHF adalah Rotarian yang sudah menyumbang sebesar USD 1,000. Sebagai penyumbang, dia berhak memperoleh 1 pin PHF by Contribution ( PHF pin penyumbang ), dan 1 pin PHF by Recognition ( PHF pin untuk diberikan kepada siapa saja yang dinilai berjasa bagi Rotary atau sebagai penghargaan motivasi bagi orang lain, tokoh, pejabat, yang dinilai potensial jasanya bagi Rotary ).


Sedangkan PHS adalah Rotarian yang telah berikrar atau berjanji atau Berkomitmen untuk menyumbang ke Rotary Foundation sebesar USD 1,000 SETIAP TAHUN.


Dipimpin oleh PDG Miko, para PHS ini didaftarkan ke Rotary dan dicatat untuk setiap tahunnya diingatkan akan janji tersebut, dan dimotivasi dengan reward yang audah disiapkan PDG Miko.


APAKAH KALAU SUDAH MENDAFTAR HARUS MENYUMBANG SETIAP TAHUN?

Kata HARUS tidak ada dalam kamus Rotary. Pledge PHS adalah janji kita sendiri! Kita MAU dan rela MENYUMBANG USD 1,000 setiap tahun. Tetapi apakah kita MAMPU saat itu? Inilah kuncinya! Kalau mampu kenapa tidak? kalau tidak mampu, ya bisa kita tunda lain kali.


Tetapi bila kita mendaftarkan DIRI sebagai anggota PHS dan belum menyumbang, kita akan disebut sebagai PHS ELIGIBLE! Yang penting kita MAU menyumbang dulu, dan akan menyumbang saat kita MAMPU!


APAKAH MENYUMBANG PHF HARUS SEKALIGUS ATAU BISA DICICIL?

Nah, begini!


Kita semua MAU menyumbang! Tetapi pada saat mau menyumbang, belum punya kemampuan yang cukup besar. Jadi? Sumbanglah SEMAMPUNYA!


Bila kita baru mampu menyumbang USD 100, it's okay! Seratus dollar sama nilai ketulusannya dengan sejuta dollar sumbangan Rotarian dari Taiwan. Inilah sumbangan yang berbama EREY ( Every Rotarian Every Year )


Kalau akumulasi sumbangan tadi mencapai USD 1,000, jadilah kita anggota PHF ( Paul Harris Fellows ).

Kalau akumulasi sumbangan PHF kita mencapai USD 10,000, jadilah kita Major Donor, dan seterusnya!


Kesimpulan:


Semua Rotarian pasti MAU menyumbang. Nah saatnya kita MAMPU, ayo kita segera menyumbang!


Jangan ragu2, sumbangan kita akan kembali ke masyarakat kita berlipat-lipat besarnya u tuk kepentingan masyarakat kita!


Kita ingat bahwa menyumbang di Rotary adalah kerelaan! Bukan HARUS tetapi MAU dan MAMPU


Itu janji kita sendiri, sukarela! Janji kepada diri kita sendiri sebagai Rotarian!.



KAPAN BISA MENYUMBANG?

Kapan saja! Boleh menyumbang pertahun, boleh perbulan, boleh kapan saja atau lebih dari itu, asal sesuai kemampuan dan kemauan/kerelaan kita sendiri!


MARI KITA SEGERA MENYUMBANG MELALUI ROTARY!


PDG Keliek J. Soegiarto

RC Mataram Yogyakarta

28 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page