top of page

Operasi Katarak Gratis Bagi Ratusan Keluarga Tidak Mampu di Majalengka



Sebanyak 100 orang penderita katarak dari 150 pendaftar, dioperasi secara gratis yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka.


Untuk pelaksanaan operasi katarak gratis yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka bekerjasama RS Mata Cicendo, Perdami dan Rotary Club Bandung di Rumah Sakit Talaga.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Agus Susanto mengatakan operasi gtaris katarak dilakukan bagi keluarga kurang mampu yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka.


"Totalnya ada sebanyak 150 orang yang menjalani screening namun ternyata yang bisa menjalani operasi hanya sebanyak 100 orang selebihnya belum bisa.” ungkap Agus Susanto, Rabu, 5 Juli 2023.


Menurutnya, di Kabupaten Majalengka sendiri berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan semua Puskesmas masih ada sebanyak 1,650 orang yang perlu mendapat penanganan operasi katarak.


Namun sebagian diantaranya belum mendaftar untuk menjalani operasi, ada pula yang belum bersedia dioperasi dengan berbagai alasan.


Ada yang sudah bersedia di perasi namun ternyata berdasakan hasil pemeriksaan belum bisa dilakukan operasi.


Kasus penderita katarak di Kabupaten Majalengka dari tahun 2021 hingga Tahun 2023 tercatat sebanyak 5.663 kasus. Sebagian besar telah dilakukan operasi melalui program bakti sosial operasi katarak yang dilakukan Dinas Kesehatan.


" Selama dua tahun terakhir telah berhasil melakukan bakti sosial dengan operasi katarak sebanyak 4.013 orang dan sisanya sebanyak1.650 orang akan dilakukan lagi akhir tahun ini, " ungkap Kadinkes Agus.


Sementara itu Bupati Majalengka Karna Sobahi mengapresiasi kegiatan bakti sosial operasi katarak ini.

Melalui kegiatan Operasi Katarak Gratis ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat menikmati hidup dengan pandangan yang indah serta dapat lebih produktif dalam hidupnya.




3 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page