top of page

Let's Rock Jakarta!



Tanpa terasa kita sudah memasuki kwartal terakhir masa bhakti DG Rio. Satu tahun memang cepat dan ada pendapat yang mengatakan bahwa satu tahun kurang waktunya. Tanyakan saja pada seorang DG dan jawabannya pasti, “Cukup!” Mereka lupa bahwa seorang DG sesungguhnya sudah mulai masa bhaktinya ketika district memilihnya sebagai DGND! Dengan kata lain, DGND Sanny mulai dari sekarang perlu ‘mee lopen’ - magang - dengan DG, DGE, dan DGND bila ingin tahunnya sukses dan kerjanya lebih ringan.

Salah satu kewajiban seorang District Governor adalah melaksanakan District Conference. Tahun ini, muktamar akan diadakan di Jakarta, tanggal 11-13 Mei dan Ketua Panitia, DGN Daniel sudah sibuk menyiapkan acara sesuai arahan DG Rio.


Muktamar – atau District Conference – merupakan kesempatan seorang Governor untuk showcase – memamerkan! – capaian-capaian clubs di D3410 dan mendapatkan pencerahan dari tokoh inspiratif, relevan dengan service Rotary. Tetapi, District Conference bukan hanya kesempatan untuk lepas rindu dengan rotarians dari kota-kota berbeda dan berhura-hura. Muktamar ada aspek seriusnya juga, yaitu mendengar update dunia Rotary dari wakil yang telah diutus oleh RI President Jennifer Jones; terima laporan jujur situasi dan kondisi Rotary di D3410; dan untuk pemungutan suara apabila ada hal-hal penting yang perlu diputuskan bersama. Tantangan panitia adalah untuk mengemas semua ini dengan menarik dan sesuai anggaran!

Pada awal masa bhaktinya DG Rio telah menetapkan target-target yang ingin dicapai dalam satu tahun. Ada target yang bersifat quantitative, ada yang qualitative. DG Rio mencanangkan 1,200 anggota, suatu target yang realistis mengingat bahwa pada akhir RY 2021/22 sudah tercatat 1,113 Rotarian. Seandainya 20% anggota memperkenalkan seorang baru saja, angka ini dapat tercapai, tetapi tetap perlu upaya yang khusus.

Menurut Strategic Plan D3410, untuk menarik calon Rotary dan mempertahankan Rotarian lama, DG Rio perlu memperhatikan aktivitas, atmosfer, kepemimpinan, manajemen dan nilai-nilai Rotary. Menilik kegiatan Rotarians selama 9 bulan, terlihat bahwa kegiatan Rotary Clubs beragam dan guyub. Suasana persahabatan antar Rotarians juga semakin akrab. Terlihat juga wajah-wajah baru. Jadi dari sudut aktivitas dan atmosfer, kita aman.


Kegiatan Ayo Cegah Stunting (ACS) juga masih semangat, terakhir dengan gerakan “Semesta Mencegah Stunting” bekerja sama dengan BKKBN dan Tribun Network. Dengan dukungan DG Rio, dan para DG yang akan datang, ACS bisa saja menjadi service project yang berhasil mempersatukan Rotarians (karena problem stunting ada di setiap pelosok Indonesia) dan menjadi brand khusus kita di D3410. Kita bisa saling belajar, saling menguatkan karena sudah banyak clubs yang terlibat di ACS. Pengetahuan dan pengalaman, network kita, serta akses kita ke TRF merupakan sumber daya yang tak sedikit.


Di Palembang, Rotary sudah dikenal sebagai pegiat pencegahan stunting. Bila “End Polio” menjadi brand kuat Rotary International, dengan dukungan district “End Stunting” aka Ayo Cegah Stunting bisa juga menjadi brand kuat Rotary di Indonesia. Pada tahun 2022, angka stunting nasional 21,6% memang sudah turun dari 24.4% tahun sebelumnya tetapi target 14% pemerintah untuk 2024 tak mungkin tercapai tanpa dukungan Rotarians dan kawan-kawan. Perjuangan masih panjang, belum waktunya untuk exit.


Beberapa target DG Rio yang bersifat qualitative juga sudah terasa Expanding our reach dengan lembaga-lembaga pemerintah, dengan service organisations dan LSM lain tetap berjalan. Profil kita di social media dan di media tradisional juga masih ada. Generation gap antara Rotarians dan Rotaractors, antara yang lama dan baru, juga semakin dekatr dengan memberi ruang bagi semua untuk terlibat di kegiatan district ataupun club.

Masih ada tiga bulan untuk terus meningkatkan apa yang sudah tercapai dan untuk menggiatkan apa yang belum optimal, seperti kegiatan community and economic development dan jumlah kontribusi kita ke TRF yang masih jauh di bawah target DG Rio.


District Conference boleh dikatakan puncak prestasi seorang DG dan selalu menarik karena ada saja yang baru yang ditemui. Diharapkan District Conference DG Rio akan mengangkat semua yang positif yang telah dicapai club-club di D3410. Club-club yang inovatif dan Rotarians yang inspiratif semoga diberi penghargaan yang tulus, dijadikan ‘bintang tamu’ bukan sisipan acara, agar menyemangatkan yang lain.


Mari kita jadikan District Conference suatu ajang inspiratif untuk membuktikan bahwa Rotary di D3410 kompak, berkembang maju, bhinneka tunggal ika, bermanfaat bagi sesama dan, tak kalah penting, menyenangkan!

17 views0 comments

Comentários


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page