top of page

Peringati Hari Proklamasi Kemerdekaan, Para Lansia Bandung Bergembira Berolahraga di Atas Kursi



Sebanyak 125 lansia dari berbagai komunitas lansia di Kota Bandung dengan kostum merah-putih melakukan olahraga dengan bantuan kursi di Gedung Bale Kambang Bandung, Sabtu (12/8/2023. Mereka diajari gerakan sederhana. Instruktur olahraga Dr Mury Kuswary SPd MSi memandu mereka. “Harapannya, peserta dapat kontinu melakukan kegiatan olahraga,” ujar Musharni Hasbullah, membership attraction Subcommitte Rotary District 3410, dalam rilisnya Ahad (13/8/2023).


Acara ini diadakan oleh Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Konsultan Kebugaran Indonesia (ANOKI) bekerja sama dengan Rotary Club Bandung Kota Kembang, didukung oleh Radio K-Lite FM dan Himpunan Ratna Busana (HRB). Tajuk kegiatan yang dikomandani oleh Past President Rotary District 3410 Ciska Djajadiningrat ini diberi nama “LASEHAN: Lansia, Sehat, Bugar dan Bahagia dengan Bijak Garam”. Diadakan untuk merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan dan Hari Lansia Nasional.


“Kegiatan "Lasehan” ini diperuntukan bagi para lansia, dengan kategori usia di atas 50 tahun, dengan harapan di usia ini, lansia dapat menjalankan dan menerapkan pola hidup yang sehat,” ujar Musharni. “Untuk itu kami juga memberikan edukasi agar dengan bertambahnya usia, kita dapat menjaga kesehatan, tetap bugar dan tentunya bahagia,” lanjut dia.


Edukasi yang diberikan tak hanya mengenai olahraga, melainkan juga mengenai konsumsi garam untuk kebutuhan tubuh. Tentu saja diinformasikan juga mengenai takaran penggunaan garam untuk tambahan makanan. Takaran garam yang pas mencegah timbulnya gangguan kesehatan bagi tubuh lansia. Edukasi kesehatan ini dipandu oleh dokter Ryna Radiant.


Dalam sesi edukasi kesehatan yang juga disertai dengan demo memasak ini diberikan juga edukasi mengenai mononatrium glutamat, monosodium glutamat, atau natrium/sodium glutamate. Ini merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami. Penambah rasa ini juag memerlukan panduan takaran yang pas, yang diperkenankan untuk mendukung kesehatan tubuh.


“Harapan kami para lansia dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat dengan bijak menggunakan garam, sehingga kesehatan tubuh lansia terjaga dan bugar serta bahagia,” kata Musharni.

2 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page