top of page

Kreasi Limbah Plastik



Sampah plastik merupakan fokus utama yang harus dibenahi secara global dan tentunya pengolahan sampah plastik yang baik diperlukan guna menurunkan angka penyebaran sampah di dunia.

Studi dari jurnal Science, menyatakan bahwa ada 24-34 juta metrik ton sampah plastik yang masuk ke lingkungan laut setiap tahunnya yang berarti sekitar 11% dari total sampah plastik di dunia.

Sampah plastik sendiri memiliki berbagai masalah yang perlu ditangani selain dari volume yang besar, yaitu waktu penguraian yang sangat lama. Butuh setidaknya 60 hingga 70 tahun agar plastik dapat terurai dengan sempurna.

Namun dampak yang diberikan tidak sampai disitu saja karena masih banyak kekurangan yang terlihat dari segi ekosistem. Plastik yang sudah terurai juga menghasilkan mikro plastik ke hewan-hewan sekitar seperti ikan maupun kerang.

Tidak heran metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dikampanyekan agar ada pemanfaatan sempurna dari sampah plastik. Recycle atau mendaur ulang sampah agar memberikan nilai ekonomi menjadi hal yang sering dilakukan dengan berbagai kebutuhan.

Selain dari taraf perusahaan yang membuat sampah plastik dengan metode Reuse guna merubahnya menjadi sampah plastik. Recycle justru bisa dilakukan semua lapisan masyarakat seperti membuat pengolahan bermanfaat.

Rotary Club of Jakarta Cinere dan Rotary Club Kebayoran menyelenggarakan kegiatan edukasi seni lukis berbahan limbah plastik di SLB Pangudi Luhur, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha Rotary dalam menjalankan salah satu area of focus yaitu protect environment, mengurangi limbah plastik dengan mendaur ulang menjadi suatu produk yang mempunyai nilai jual kembali.

3 views0 comments

Opmerkingen


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page