top of page

Kemeriahan Acara District Conference 2024 di bandung Tahun ini



Bandung, 17 Mei 2024 - Kota Bandung kembali menjadi tuan rumah acara bergengsi Rotary District 3410 Conference 2024. Acara yang mengusung tema "Spirit of Change" ini dihadiri oleh anggota Rotary dari berbagai wilayah di Indonesia. Konferensi ini bertujuan untuk menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat melalui berbagai program dan inisiatif.







Acara district conference ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 16-18 Mei 2024. Pada hari pertama, 16 Mei 2024, diadakan gala dinner di Gedung Sate. Acara ini dihadiri oleh beberapa tamu, baik rotarian maupun non-rotarian, dan penyelenggaraannya dibantu oleh Assistant Governor Inge Suprayogi. Gala dinner tersebut mengundang beberapa tim dari Saung Angklung Udjo untuk mempertontonkan pagelaran wayang golek, kesenian Sunda, yang ditampilkan oleh Ki Dalang Irfan Wawan.



Di pagi hari yang sama, diadakan acara fellowship kompetisi gateball yang diprakarsai dan dikoordinasikan oleh PP Uti Endang Paminto dari Rotary Club Bandung Kota Kembang. Acara ini sangat meriah dengan antusiasme tinggi dari para pengunjung dan rotarian.



Pada tanggal 17 Mei, acara utama dimulai pukul 8 pagi dengan registrasi peserta. Acara dibuka dengan parade bendera dari Rotary, Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Bangladesh, Prancis, dan Belgia. Parade ini dipimpin oleh RIPR Rufino, didampingi oleh Past District Governor Hidayat Tjokroamidjoyo. MC Rtn. Eric Young dan Rtn. Astri Abayanti menyambut para peserta. Acara pembukaan dimulai dengan pemutaran lagu nasional "Indonesia Raya" dan dilanjutkan dengan lagu Mars Rotary.





Di hari pertama, tim dari Paragon Group mempresentasikan dan mengedukasi beberapa rotarian mengenai Corporate Social Responsibility yang sering dilakukan oleh Paragon Group, dengan harapan dapat memotivasi para rotarian untuk menyelenggarakan kegiatan sosial yang optimal.



Setelah istirahat Shalat Jumat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Pres. Yudi dari Rotary Club Yogya Merapi mengenai kegiatan sosial dalam bentuk pemberdayaan masyarakat di area korban letusan Gunung Merapi. "Bukan hal yang mudah, namun kita semua bisa lakukan berkat peran serta bantuan kolaborasi dengan komunitas lokal sekitar," tutur Pres. Yudi.



Sesi malam di tanggal 17 Mei dimulai dengan penampilan dari LSPR. Malam pertama ini, Rotary District Conference 2024 mengusung tema 'masquerade party'. Acara dimulai dengan penampilan tari dari LSPR dan dilanjutkan dengan sambutan oleh MC Pres. Ferdi Kawi dari RC Palembang dan Rtn Astri Abayanti. Malam tema 'masquerade party' dimeriahkan dengan lomba kostum paling menarik, serta penampilan dari LSPR Dance Group, LSPR Vocal Group, penampilan Line Dance dari RCBKK (Rotary Club Bandung Kota Kembang), dan Rotalent (Rotary Club Medan Talenta). Malam tema 'masquerade party' berjalan dengan meriah.

Hari terakhir pelaksanaan District Conference 2024 pada tanggal 18 Mei 2024 dimulai pukul 9 pagi, dipandu oleh MC Eric Young dan MC Ira Puspita. Acara dilanjutkan dengan roll call oleh District Governor 2023-2024 Ditte Sukardi, dan pidato oleh Rotary International Representative PDG Rufino Policarpio. Pada pukul 11 siang, Abu Marlo memberikan pidato inspiratif bertema "Unite", yang diakhiri dengan pemberian apresiasi oleh DG Ditte Sukardi.


Sore hari pukul 15.00, acara dilanjutkan dengan sesi Achievements yang dipandu oleh PDG Eva Kurniati. Pada momen ini, Rotary District 3410 memberikan Lifetime Achievement Award kepada PP Kencana Salim. PDG Eva menceritakan bantuan yang diberikan oleh PP Kencana Salim kepada seorang anak bernama Claudia di Medan yang mengalami kecelakaan. Berkat bantuan tanpa henti dari PP Kencana Salim, Claudia perlahan pulih dari koma dan mulai bisa berbicara kembali.

Malam hari terakhir pelaksanaan district conference 2024 diselenggarakan dengan tema "Celebration of Nite". Dresscode yang digunakan adalah baju daerah, menambah kemeriahan acara. Beberapa rotarian menampilkan keahlian mereka, termasuk performance dari RCBKK yang menampilkan kecapi dan pupuh Sunda, penampilan musik kontemporer oleh PDG Rozi yang menggabungkan piano klasik dan gendang tradisional, serta beberapa penampilan menarik lainnya.

Konferensi yang berlangsung selama tiga hari ini diisi dengan berbagai sesi diskusi, workshop, dan kegiatan sosial yang fokus pada pemberdayaan komunitas. Para anggota Rotary berbagi pengalaman dan strategi untuk menghadapi tantangan global seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

Salah satu highlight dari acara ini adalah sesi keynote yang menghadirkan pembicara-pembicara ternama yang berbagi wawasan tentang kepemimpinan dan inovasi sosial. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek sosial yang diadakan di sekitar kota Bandung, menunjukkan komitmen nyata Rotary dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Presiden Rotary District 3410 menyatakan, "Konferensi ini adalah momen penting bagi kita semua untuk merajut semangat kolaborasi dan inovasi. Melalui acara ini, kami berharap dapat menginspirasi anggota kami untuk terus berkontribusi dalam menciptakan perubahan yang berarti di komunitas mereka."




Acara ini juga menjadi ajang bagi anggota Rotary untuk memperluas jaringan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sama dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Dengan semangat perubahan yang dibawa dalam konferensi ini, Rotary District 3410 berharap dapat terus memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di masa depan.

(Rotary D3410-2024)

19 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page