top of page

Ke-Empat Quotient Assistant Governor



Tanpa terasa, kwartal pertama masa bhakti DG Ditte dan jajarannya telah berlalu dengan hasil yang membesarkan hati. Ternyata arah yang ditunjukkan oleh Strategic Plan D3410 membantu memberi clarity mengenai apa yang hendak kita capai bersama.


Apa yang hendak kita capai bersama? Berdasarkan masukan dari Rotarians/Rotaractors , yang kita inginkan bersama di D3410 adalah suatu distrik yang:

  • berkembang dengan anggota yang bhinneka tunggal ika (diverse),

  • termotivasi oleh nilai-nilai Rotary,

  • berpikiran maju mampu merangkul tua muda agar semua bisa menikmati pengalaman Rotary demi

  • kemajuan Rotary serta kemanusiaan rakyat Indonesia.


Untuk mewujudkan ini, kita sepakat bahwa ada lima hal yang perlu kita perhatikan bersama, yaitu:

  1. Suasana: bagaimana meningkatkan suasana persahabatan di lingkungan club & District;

  2. Kegiatan: kegiatan persahabatan dan kemanusiaan apa saja yang dapat kita lakukan agar bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan dan anggota Rotary;

  3. Kepemimpinan: bagaimana membina kepemimpinan yang mengejawantahkan ‘service leadership’ yang kompeten, komunikatif serta kredibel;

  4. Manajemen: bagaimana melaksanakan sistem manajemen dan tata kelola RID 3410 yang transparen dan bertanggung-jawab, mampu meningkatkan Rotary brand dan menjamin proses regenerasi;

  5. Nilai-nilai: bagaimana penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Rotary dan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku Rotarian dan Rotaractor.


Dalam berbagai Governor’s Visit DG Ditte, beliau menegaskan kembali strategi kita dan bagaimana beliau menterjemahkannya menjadi sesuatu yang konkrit melalui semboyan “do, look, be and feel good.” Menjadi seorang Rotarian, kita melakukan hal-hal yang baik, kita memberi aura positif, kita berusaha menjadi individu-individu yang baik, dan kita juga merasa bahagia melalui Rotary.


Dalam kwartal pertama, berkat arahan ini dan kerjasama yang baik antar Rotarian, jumlah anggota D3410 telah bertambah 56 Rotarian baru. Ini penambahan paling tinggi dalam 5 tahun terakhir untuk periode yang sama. Prestasi yang patut diacungkan jempol.


Bila dirunut, 10 dari 14 area di D3410 mencatat penambahan anggota. Area dengan peningkatan tertinggi adalah Area 15 yang mencakup club-club di Medan. Medan Deli mencatat 12 anggota baru dan Medan Talenta 12. Peringat ke-tiga dalam penambahan anggota adalah Yogya Tugu di Area 83 dengan 8 anggota baru. Tak dapat dipungkiri peran assistant governor penting dalam pencatatan prestasi ini.


Seperti Anda ketahui, D3410 terbagi dalam 14 area, masing-masing area didampingi oleh seorang assistant governor yang siap sedia menjadi jembatan antara clubs dan governor, serta jajaran district team. Tanggung-jawab mereka adalah untuk mengenal mood setiap club di areanya. Caranya adalah dengan secara berkala mengunjungi club, mengobrol santai dengan anggotanya untuk mengenal lebih mendalam kesehatan club dari sudut kegiatannya, suasananya, kepemimpinannya, pengelolaan sumber dayanya dan nilai-nilai Rotary yang dipancarkan. Tujuan seorang assistant governor tidak lain, tidak bukan adalah untuk membantu club merealisasikan potensinya mereka, mencari solusi bila ada masalah, dan, bila perlu mengatasi perselisihan bila terjadi.


Melihat peran pentingnya, seorang District Governor tidak bisa sembarangan menentukan siapa yang akan mengemban peran sebagai assistant governor. Untuk bisa menjalankan tanggung-jawabnya dengan mudah, ia adalah seorang Rotarian yang tidak saja mengenal cara kerja Rotary dan mengetahui bagaimana mengakses sumber daya Rotary, ia adalah juga sosok dengan EQ yang tinggi dengan people skills yang baik.


Bahkan, menurut para psikolog, ada macam-macam bentuk intelligence atau kecerdasan yang memudahkan kehidupan kita. Selain IQ dan EQ yang sudah banyak dikenal, ada juga SQ dan AQ. Akan tetapi, dalam hal ini SQ tidak diartikan sebagai spiritual quotient, melainkan social quotient yang merupakan kemampuan kita untuk menjalin jejaring persabahatan yang langgeng. Sedangkan yang dimaksud dengan AQ adalah adversity quotient, yaitu kemampuan kita untuk mengatasi tantangan dan cobaan secara proporsional, tanpa kehilangan kendali.


Dalam Rotary, semua bentuk kecerdasan ini diuji.

  1. bagaimana kita cerdas menggunakan sumber daya Rotary (IQ),

  2. bagaimana kita saling menghormati (SQ),

  3. bagaimana kita membangun dan menjaga fellowship (SQ)

  4. dan bagaimana kita mengatasi tantangan (AQ) terlihat dalam diri kita sebagai Rotarian/Rotaractor.


Seorang assistant governor adalah mereka yang sudah lulus ujian tersebut dengan score tinggi di ke-4 quotient ini!


20 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page