top of page

Governor's Message - September 2023

Ayo Rotarian sebagai People of Action, mari bersama kita menjembatani kesenjangan Pendidikan dengan mengambil tindakan di Rotary Basic Education and Literacy month


Dear Fellow Rotarians yang berbahagia:

September adalah Bulan Pendidikan Dasar dan Literasi, waktu bagi anggota Rotary untuk memfokuskan kesadaran pada keterlibatan kita dalam literasi dan pendidikan dan berkomitmen kembali untuk menemukan solusi yang menghapuskan buta huruf dan kesenjangan pendidikan di komunitas kita sendiri dan internasional.


Pendidikan merupakan salah satu unsur penting untuk kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan merupakan kunci utama bagi suatu negara untuk unggul dalam persaingan global. Pendidikan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mewujudkan kesejahteraan nasional. Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter merupakan prasyarat terbentuknya peradaban yang tinggi. Sebaliknya, SDM yang rendah akan menghasilkan peradaban yang kurang baik pula.


Beberapa penelitian survei dari PIRLS (“Progress in International Reading Literacy Study”) tahun 2011 dan PISA (“Programme for International Student Assessment”) tahun 2012 menyatakan hasil survei budaya literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah dan keterampilan membaca siswa di Indonesia menduduki peringkat ke-57 dari 65 negara sementara kemampuan literasi urutan ke-64 dari 65 negara. Melihat hal tersebut perlu upaya untuk menumbuhkan keterampilan literasi baca tulis bagi para siswa yang masih menempuh proses pendidikan di berbagai jenjang.


Para Rotarian di seluruh dunia berkomitmen untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB ke-4 untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi semua orang dan mendorong pembelajaran sepanjang hayat melalui proyek-proyek berorientasi pendidikan yang menyediakan teknologi, pelatihan guru, tim pelatihan kejuruan, program makanan siswa, dan buku pelajaran berbiaya rendah kepada komunitas.


Tujuan Rotary adalah memberdayakan masyarakat untuk mendukung pendidikan dasar dan literasi, mengurangi kesenjangan gender dalam pendidikan, dan meningkatkan literasi orang dewasa.

Literasi merupakan inti dari pendidikan dasar bagi semua orang, dan penting untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi angka kematian anak, membatasi pertumbuhan penduduk, mencapai kesetaraan gender dan menjamin pembangunan berkelanjutan, perdamaian dan demokrasi.


Banyak hal yang dapat dilakukan oleh Rotary Club untuk membantu mendukung kemajuan Pendidikan masyakarat Indonesia di komunitas kita, antara lain:

  • Pendidikan dini: proyek untuk mendukung kegiatan praktik langsung yang kaya akan literasi di mana anak-anak dapat bereksplorasi dan bereksperimen di lingkungan mereka.

  • Pendidikan untuk anak perempuan: kemitraan untuk mendorong anak perempuan kembali bersekolah: sebelum COVID, 79 juta anak perempuan tidak bersekolah; tambahan 20 juta anak perempuan mungkin tidak akan pernah kembali ke kelas ketika sekolah dibuka kembali.

  • Akses bagi anak-anak penyandang disabilitas: mengidentifikasi dan mengatasi berbagai hambatan dan kurangnya keahlian profesional yang menghalangi anak-anak dengan beragam kemampuan fisik atau intelektual untuk bersekolah dan berpartisipasi penuh dalam pembelajaran.

  • Pendampingan bagi remaja yang tidak bersekolah atau yang kinerjanya buruk: penutupan sekolah akibat COVID meningkatkan jumlah anak-anak yang tidak memenuhi tingkat membaca minimum setidaknya sebesar 15%. Pertimbangkan kemitraan untuk mengembangkan kesempatan belajar di luar jam sekolah atau ruang kelas tradisional.

  • Teknologi untuk meningkatkan pengajaran dasar di kelas: mengambil pendekatan proaktif untuk mendorong dan mendukung penggunaan teknologi yang aman dan bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

  • Literasi untuk orang dewasa: Membangun program yang nyaman dan mudah diakses untuk memungkinkan pelajar dewasa memperoleh kompetensi dalam keterampilan membaca dan berhitung.

  • Pengembangan profesional: seperti dalam setiap profesi, guru harus memiliki kesempatan untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan. Identifikasi program yang sedang berjalan untuk mendukung pengajaran literasi atau numerasi, pengelolaan kelas, penggunaan teknologi, atau strategi untuk mendorong pembelajaran langsung.

  • Akses ke perpustakaan: memastikan bahwa siswa mempunyai pilihan dari beragam bahan bacaan berkualitas. Tidak ada inspirasi yang lebih baik bagi pembaca selain akses ke sumber daya buku yang kaya – di ruang kelas atau melalui perpustakaan.

  • Matematika: mengembangkan program untuk mendukung siswa dalam memperoleh keterampilan dan konsep matematika dasar seperti berhitung, memecahkan masalah bilangan, memperkirakan, mengukur, menyortir, dan memperhatikan pola.


Yours in Rotary,

Ditte Sukardi

Governor 2023-2024

RID3410



19 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page