top of page

Good-ness!



1 Juli 2023, awal dari masa bakti DG Ditte Sukardi. Tak perlu diperkenalkan lagi karena sejak dipilih sebagai DGND tiga tahun lalu, PP Ditte sudah mempersiapkan diri. On-the-job training. Mee lopen, kata orang zaman dulu. Dengan demikian, teng tanggal 1, DG Ditte sudah siap lari.


Strategic plan D3410 akan masuk tahun ketiga dan sebagian dari plan tersebut sudah terlaksana agar tujuan kita untuk membangun D3410 yang “berkembang dengan anggota yang bhinneka tunggal ika, termotivasi oleh nilai-nilai Rotary, berpikiran maju mampu merangkul tua muda agar semua bisa menikmati pengalaman Rotary demi kemajuan Rotary serta kemanusiaan rakyat Indonesia” tercapai.


Pendekatan yang lebih merangkul dan inklusif telah dijalankan oleh PDG Rio dan DG Ditte berniat untuk tetap menggunakan pendekatan yang sama. Dalam tahun 2023/2024, DG Ditte menggunakan pendekatan yang juga bottom up, tidak top down. Caranya? Berbeda dengan para DG sebelumnya, DG Ditte tidak menentukan target membership growth atau annual giving, melainkan DG Ditte menyerahkan setiap club untuk menentukan sendiri target mereka masing-masing. Target-target individual yang dilaporkan, akan dikonsolidasi menjadi capaian District.


Dengan otonomi yang diberikan, rasa ownership dan tanggung jawab club leadership menjadi lebih besar. DG tidak lagi “memerintahkan” agar club menambah sekian banyak anggota atau menyumbang sekian banyak dollar kepada TRF, tetapi anggota club sendiri yang menentukan sesuai dengan semangat dan situasi club. Keberhasilan club menjadi keberhasilan District.


Tidak berarti District lepas tangan. Peran Assistant Governors menjadi penting. Tugasnya adalah mendampingi club-club di wilayah mereka masing-masing, mengarahkan dan membantu mereka mencapai target mereka. Setiap AG membawahi maximal 5 club, masih lumayan terjangkau. Kesulitan atau inovasi apapun yang terjadi di club, perlu diketahui oleh AG supaya bisa diatasi atau dimanfaatkan bersama. Seandainya masih perlu bala bantuan, AG perlu mengetahui siapa yang dapat dihubungi, district committee yang mana yang bisa membantu. Kalau sudah buntu, DG yang harus turun tangan, berkolaborasi dengan siapapun yang dapat mendukung keberhasilan club.


Niat DG Ditte adalah agar D3410 “lean and agile” – ramping dan lincah. Oleh karenanya hanya ada 17 district committees dengan beberapa sub-committees. District Committee dengan sub-committees terbanyak adalah District Rotary Foundation yang diketuai oleh PDG Raju Dansingani karena The Rotary Foundation adalah bagian integral dari kerja bakti kita. Rotarians perlu mengetahui cara kerja TRF agar memahami kontribusi kita ke TRF lari kemana, digunakan untuk apa, dan bagaimana ujung-ujungnya dana tersebut kembali ke kita juga.

Strategic Plan D3410 mempunyai 5 prioritas, yaitu activities, atmosphere, leadership, management dan values. DG Ditte menerjemahkan ke-5 prioritas tersebut menjadi empat kelompok kerja, yaitu:

  1. Do Good Team – yang mendukung clubs agar bisa memperbesar dampak mereka di masyarakat

  2. Look Good Team – yang mendukung clubs agar bisa menyampaikan maksud dan tujuan keberadaan Rotarians di masyarkat sekaligus memperluas jangkauan kita

  3. Be Good Team – yang memastikan agar semua aturan kerja bakti Rotary dikelola dengan baik dan melibatkan para pemangku kepentingan kerja bakti Rotary

  4. Feel Good Team – yang mendukung clubs agar clubs memahami dan mengamalkan nilai-nilai inti Rotary, mampu berpikir dan bertindak secara strategis agar tanggap menghadapi perubahan.

  5. Dalam menjalankan misi Rotary di Indonesia bagian barat ini, kita tak boleh kehilangan arah, keluar dari tujuan kita untuk memperbaiki mutu kegiatan, suasana, kepemimpinan, manajeman dan pengamalan nilai-nilai Rotary di D3410.


Dengan adanya rencana strategis D3410 yang menjadi pedoman district, dengan pengarahan dari DG beserta district team, memudahkan clubs untuk menentukan sasaran dan prioritas club dalam tahun bakti 2023/2024. Masing-masing Rotarian juga akan lebih memahami dan menghayati peran mereka sebagai Rotarian di Indonesia.


Di dalam suasana yang guyub, bersahabat, dan saling membantu, Rotary di D3410 bisa menjadi lebih berarti bagi diri kita masing-masing,bisa lebih berdampak di masyarakat.Ujung-ujungnya kita ingin merasa tentram dan betah di Rotary, bisa menarik teman-teman kita menjadi bagian dari komunitas Rotary, bisa create hope andspread a little goodness all around.

59 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page