top of page

Belajar bersama orang muda



Adalah Rotaract Club Officer Training yang baru saja diselenggarakan secara virtual selama dua hari, hari Jumat dan Sabtu, tanggal 23-24 Juni 2023.


Learning event ini merupakan rangkaian learning series tahun Rotary 2023-2024 yang ditujukan untuk berbagi wawasan dan pengalaman kepada para Incoming Club Leaders dan Incoming Club Officer di jajaran Rotaract Club yang berada di District 3410.


Pola learning event kali ini, memakai format yang sama dengan learning event 2023-2024 sebelumnya seperti DTTS, PETS, dan DISTAS yang menerapkan metoda pelatihan "Learn and Share" dimana semua yang terlibat dalam kegiatan pelatihan, baik peserta, narasumber, maupun fasilitator dalam posisi yang belajar bersama-sama dan saling berbagi pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman. Semua aspek dalam proses pelatihan akan berpusat kepada pemenuhan kebutuhan peserta pelatihan (participant centered approach).


Porsi paparan di desain lebih kecil ketimbang porsi diskusi, peserta diarahkan untuk mempelajari materi terlebih dahulu sebelum mengikuti learning event ini, agar pada saat mengikuti kegiatannya, mereka sudah siap dengan berbagai pendapat dan pertanyaan.


Hari pertama dipenuhi dengan sharing permasalahan-permasalahan yang terjadi di club-club terkait dengan materi yang disampaikan. Peserta sengaja di bawa untuk berani menyampaikan pendapat dan uneg-uneg mereka, hari pertama merupakan hari dimana dibangun rasa saling percaya baik antar peserta maupun dengan fasilitator dan pemateri.


Di Hari kedua, peserta diajak untuk berpikir solutif, berusaha mencari solusi-solusi atas maasalah-masalah yang sudah mereka sampaikan di hari sebelumnya. Tidak lupa ditekankan kepada mereka tentang posisi district dan fungsi district yang dapat menjadi teman mereka dalam mencari solusi tersebut, jarak-jarak antar club pun sudah mulai dihilangkan di hari kedua ini.


Hal yang patut di acungi jempol dan di apresiasi atas kegiatan selama dua hari ini adalah:

  • Rotaract Club officer training diselenggarakan dengan sistem host club, hal ini mendorong club yang diminta untuk menjadi host untuk melaksanakan secara optimal dengan melibatkan member baik dalam club maupun di luar club.

  • Learning event yang diawali oleh materi Leadership messages tentang inisiatif Rotary International, Strategis Plan District dan Inisiatif District ini, ternyata sudah juga disiapkan oleh Rotaract Leaders di district kita, dengan kata lain, Rotaract District 3410 pun sudah mempunyai Strategic Plan yang berjangka waktu 3 tahun dan Inisiatif District untuk setahun ke depan.

  • Rotaract District 3410 telah menunjukkan adanya keberlanjutan dalam langkah-langkah yang mereka ambil, terlihat dengan jelas kolaborasi antara DRR, DRRE, dan DRRN sudah mereka jalankan betul.


Elevate Rotaract jadi berita hangat di Rotary akhir-akhir ini, tugas kita sebagai Rotary untuk terus me-nurturing teman-teman Rotaract, bukan saja karena mereka adalah Rotary di masa mendatang, namun yang terpenting karena mereka adalah anak-anak kita.

24 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page