top of page

Bank Sampah Tamanmartani Dapat 10 Notebook PT Acer Indonesia Kerja Sama Rotary Club Jogja Merapi



Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman memiliki luas wilayah sekitar 740 Ha, dan terdiri atas 22 padukuhan, 48 RW, dan 127 RT.


Kalurahan Tamanmartani yang luas dan subur ini merupakan sentra pertanian, namun akibat sampah yang belum dikelola dengan baik sehingga mencemari saluran irigasi dan area pertanian, yang pada akhirnya mengganggu hasil panen.


Pemerintah Kalurahan Tamanmartani melalui BUMDes 5758 unit Pengelola Sampah Mandiri (PSM) mengajak masyarakat untuk memilah sampah payu (sampah yang bernilai ekonomis) dan sampah ora payu (sampah yang tidak bernilai ekonomis). Sampah payu kemudian dibeli oleh BUMDes dan sampah ora payu dibuang ke TPA Piyungan.


Pada saat berkunjung ke Kalurahan Tamanmartani, Rotary Club Jogja Merapi menemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan program PSM ini kurang berjalan dengan baik, diantaranya kurangnya insentif dan kurangnya pendampingan serta edukasi pengelolaan sampah bagi masyarakat.


Oleh sebab itu, Rotary Club Jogja Merapi mengajak BUMDes 5758 unit PSM untuk membentuk Bank Sampah Tamanmartani di Kalurahan Tamanmartani sebagai bank sampah pusat, dan mengaktifkan kembali unit PSM di delapan padukuhan menjadi cabang-cabang dari Bank Sampah Tamanmartani.


Melalui Bank Sampah Tamanmartani dan delapan cabangnya ini warga dapat lebih mudah menjual sampah payu lalu menerima uang tunai ataupun memasukkannya ke dalam tabungan. Rotary Club Jogja Merapi menggandeng PT ACER Indonesia untuk memberikan bantuan berupa 10 unit notebook ACER yang akan membuat tata kelola Bank Sampah Tamanmartani menjadi lebih baik.


Apalagi BUMDes 5758 juga telah memiliki unit Internet Service Provider (ISP), sehingga adanya bantuan notebook ini menyebabkan pengelolaan data antara bank sampah pusat dan cabang-cabangnya menjadi terhubung.


President Rotary Club Jogja Merapi periode 2022-2023 Dominicus Judiarta Kuspargianta menjelaskan, untuk meningkatkan animo masyarakat dalam memilah dan menyetorkan sampah payu ke Bank Sampah Tamanmartani, Rotary Club Jogja Merapi juga memberikan dukungan dalam bentuk undian berhadiah.


“Masalah lingkungan merupakan salah satu fokus dari tujuh area pengabdian Rotary. Oleh sebab itu kami menaruh harapan besar di Kalurahan Tamanmartani ini agar di masa mendatang dapat mengelola sampah yang dihasilkan masyarakatnya secara mandiri, sehingga tidak ada lagi sampah yang keluar dari area Tamanmartani karena semua sudah dikelola dengan baik,” tandasnya.

2 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page