top of page

Ayo Sekolah, berkontribusi bersama mencerdaskan anak bangsa




Ayo Sekolah sebuah program yang berfokus kepada pendidikan dasar, kebersihan dan sanitasi sekolah, serta peningkatan literasi sekolah yang digagas oleh Rotary Club of Bandung Selatan, telah berjalan selama tujuh tahun.



2016-2017

Berawal dari sebuah program yang diinisiasi Rotary Club of Bandung Selatan berupa donasi 100 pasang sepatu sekolah untuk murid-murid di Desa Mandalamekar Tasikmalaya, program Ayo Sekolah yang kala itu masih Bernama Jendela Desa mulai bergulir.


Donasi 100 pasang sepatu ini merupakan bagian dari selebrasi 100 tahun The Rotary Foundation di tahun 2016. Bersamaan dengan itu pada awal Juli 2016 Rotary Club of Bandung Selatan mengadakan acara penggalangan dana Be the Light berkolaborasi dengan para musisi yang tergabung dalam Musisi Bandung Pisan (MBP), dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 43.000.000 (empat puluh tiga juta). Dana ini disalurkarkan untuk pengadaan Perpustakaan berjalan (motorcycle library) sesuai dengan kebutuhan dari Desa Mandalamekar, sebagai tindak lanjut dari donasi 100 pasang sepatu.




2017-2018

Minat akan literasi di Desa Mandalamekar ternyata cukup tinggi, terbukti bahwa operasional satu unit perpustakaan berjalan belum cukup memenuhi kebutuhan desa dengan luas 709 hektar dan berpenduduk 3.191 jiwa, sehingga dibutuhkan satu unit perpustakaan berjalan dan satu perpustakaan desa untuk memenuhi kebutuhan desa dengan empat kampung ini.


Maka pada tahun 2017 dengan menggunakan dana District Grant, Rotary Club of Bandung Selatan berkolaborasi dengan Rotary Club of Jakarta Cinere melaksanakan pengadaan satu unit perpustakaan berjalan untuk desa Mandalamekar Tasikmalaya.


Pada tahun yang sama Rotary Club of Bandung Selatan berkolaborasi dengan Yayasan Pondok Baca Rotary, membangun dan membina perpustakaan desa di Desa Mandalamekar Tasikmalaya dengan memanfaatkan balai berkumpul warga yang difungsikan sebagai perpustakaan desa dengan nama Bale Sawala, dikelola oleh siswa-siswa SMK Karya Putra Manggala, satu-satunya SMK di Desa Mandalamekar Tasikmalaya.





2018-2019

Kegiatan pembinaan dan dukungan kepada perpustakaan desa Pondok Baca Bale Sawala terus berjalan seiring kolaborasi dengan Yayasan Pondok Baca Rotary pun terus berlangsung di tahun 2018.

Pada tahun 2019, Rotary Club of Bandung Selatan mengadakan acara buka puasa Bersama dengan siswa-siswa SDN 04 Cibogo Lembang. Sebelum acara buka puasa Bersama dilaksanakan terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan edukasi kebersihan sekolah dan melakukan kegiatan membersihkan sekolah Bersama-sama.


Dalam acara tersebut juga disampaikan donasi 152 pasang sepatu untuk murid-murid SDN 04 Cibogo, Lembang dan rangkaian kegiatan itu diberi nama Ayo Sekolah. Di tahun ini pula lah program Jendela Desa berubah menjadi Ayo Sekolah, sebuah program yang berfokus kepada Pendidikan dasar, kebersihan dan sanitasi sekolah, serta peningkatan literasi sekolah.





2019-2020

Jendela Desa yang telah berganti nama menjadi Ayo Sekolah masih berkolaborasi dengan Yayasan Pondok Baca Rotary membina dan mendukung perpustakaan desa Pondok Baca Bale Sawala hingga akhir tahun 2019, karena di tahun 2019 Desa Mandalamekar semakin dikenal dan semakin banyak dukungan untuk desa tersebut menjadi mandiri.


Bulan Februari 2020, sebagai rangkaian peringatan 115 tahun Rotary, diadakan event untuk meningkatkan awareness public akan Rotary, yang diselenggarakan di 24 Paskal Shopping Center, Pasirkaliki Bandung.

Berbagai kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dan akhir dari rangkaian kegiatan yang berkolaborasi dengan 24 Paskal shopping center tersebut adalah Ayo Sekolah, berupa donasi sepatu kepada siswa-siswa SDS Industri Cicendo yang berlokasi berdekatan dengan 24 Paskal shopping center.


Pada saat pandemi Covid-19 berlangsung, Ayo Sekolah tidak berhenti, namun semakin gencar melakukan kegiatan yang berfokus kepada pencegahan pandemic di lingkungan sekolah. Berkolaborasi dengan Rotary Community Corps of Bandung Selatan, kami mengadakan kegiatan penyemprotan desinfectan dan penyemprotan anti nyamuk sebagai usaha menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan sehat walaupun sedang tidak terpakai di masa pandemi.



2020-2021

Di tahun 2020 lebih banyak melakukan kegiatan penyemprotan desinfectan dan anti nyamuk dan memberikan fasilitas cuci tangan portable yang dikhususkan kepada sekolah dasar yang ada di Bandung dan sekitarnya.

Pada tahun 2021, sekolah-sekolah mulai melakukan tatap muka terbatas, Ayo Sekolah Kembali di gelar secara offline, diawali dengan melakukan pengecatan ruang kelas dan renovasi mushalla di SDN Tunas Karya Parongpong Barat, yang merupakan kegiatan Ayo Sekolah tahap pertama di SDN Tunas Karya Parongpong Bandung Barat.



2021-2022

Kegiatan Ayo Sekolah tahap kedua, yang berkolaborasi dengan Rotary Community Corps Bandung Selatan dan Rotaract Club of Bandung Selatan Millennial ini tidak hanya melakukan pengecatan ruang kelas, di SDN Tunas Karya pun dilaksanakan renovasi ruang mushalla, renovasi kamar mandi sekolah, membersihkan ruang perpustakaan sekolah, donasi seragam sekolah serta donasi dua unit laptop dan modem untuk membantu proses belajar-mengajar di sana.

Ayo Sekolah di SDN Tunas Karya ini dilaksanakan dalam dua tahapan pelaksanaan. Turut menyemarakan Ayo Sekolah di SDN Tunas Karya, Warung RCBS hadir menyajikan pengananan khas RCBS yang dipadukan dengan sajian dari pihak sekolah.




2022-2023

Pada bulan Oktober 2022, Rotary Club of Bandung Selatan berkolaborasi dengan Rotary Club of Bandung Dago, Rotaract Club of Bandung Selatan Millennial dan Rotary Community Corps of Bandung Selatan mengadakan event gathering Came Together yang menyajikan berbagai kegiatan kepada public seperti Fun Gateball Competition, Bike to Cook, Bazaar, Beberes Rumah Ibadah, Romusa (Rotaract Mungut Sampah), Warung RCBS, dan Book Dropbox, mengajak masyarakat untuk berdonasi buku untuk disumbangkan ke SDN Ciparay Rancabali.


Dalam kegiatan Book Dropbox ini berhasil terkumpul buku-buku literasi sebanyak kurang lebih 800 buah buku dalam dua hari kegiatan.

Di akhir bulan Oktober 2022, bersamaan dengan kegiatan Fireside Meeting di Kawasan perkemahan Jamuju Rancabali, Rotary Club of Bandung Selatan, Rotaract Club of Bandung Selatan Millennial, dan Rotary Community Corps Bandung Selatan menyerahkan donasi 800 buah buku untuk perpustakan sekolah di SDN Ciparay Rancabali.


Turut dilaksanakan juga pengecatan ruang kelas, ruang perpustakaan dan mushalla SDN Ciparay dalam rangkaian kegiatan tersebut.

Pada bulan Desember 2022 dilaksanakan penyerahan donasi sepuluh unit laptop kepada SDN Ciparay untuk membantu SDN Ciparay agar dapat menyelenggarakan ANBK secara mandiri. Ayo Sekolah berkolaborasi dengan Acer Indonesia dibantu oleh District 3410 Community Service Committee.


Masih pada bulan yang sama, Ayo Sekolah melaksanakan donasi lima unit laptop kepada SDS Industri Cicendo Bandung untuk membantu mereka dalam proses ANBK. Kali ini Ayo Sekolah berkolaborasi dengan District 3410 Membership Attraction Sub Committee dan Sinarmas MSG Life.


Bulan Mei 2023, Ayo Sekolah berkolaborasi dengan THT Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran melakukan pemeriksaan THT gratis kepada siswa-siswa, tenaga pengajar dan staff di SDN Ciparay Rancabali.




2023-2024

Awal tahun Rotary 2023-2024, Ayo sekolah akan mengadakan donasi pengadaan rak buku perpustakaan di SDN Ciparay Rancabali, untuk menampung buku-buku literasi yang sudah didonasikan sebelumnya.


Tidak terasa program Ayo Sekolah telah bergulir selama tujuh tahun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Bersama. Kami Rotary Club of Bandung Selatan sadar bahwa program Ayo Sekolah tidak dapat kami laksanakan sendiri, mari kita Bersama-sama bergandeng tangan untuk melakukan kontribusi mencerdaskan anak bangsa. Mari bergabung Bersama kami di Ayo Sekolah!



30 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page