top of page

Ananda Sukarlan Dianugerahi Honorary Member dari Rotary Club



Rotary Club adalah jaringan global yang saat ini beranggotakan 1,4 juta individu yang terpilih secara ketat oleh para anggota sebelumnya yang ingin melihat kemanusiaan yang bersatu, berniat untuk menciptakan perubahan untuk dunia yang lebih baik, di komunitas kita, dan di dalam diri kita sendiri. Selama lebih dari 110 tahun, para anggota Rotary telah menggunakan aspirasi, keahlian dan kecerdasan mereka untuk melakukan berbagai proyek yang berkelanjutan seperti menghapus ke-butahurufan, menyuarakan perdamaian hingga penyediaan air dan kesehatan.


Pada tanggal 13 Juni lalu, Rotary Club Jakarta Menteng menganugerahkan “honorary membership” (keanggotaan kehormatan) kepada Ananda Sukarlan, pianis dan komponis kebanggaan Indonesia. Perayaan ini bukan hanya bertepatan dengan ulangtahun Ananda yang ke 55 (sang pianis lahir 10 Juni 1968) tapi yang utama adalah untuk menghargai jasa-jasanya di bidang pendidikan, seni dan pengembangan kaum disabilitas. Di Spanyol ia telah memulai bekerjasama dengan Fundacion Musica Abierta (Open Music Foundation) untuk membuat musik untuk para musikus dengan disabilitas fisik. Ia sedang memperjuangkan kemakmuran para musikus klasik dan toleransi perbedaan budaya antara lain lewat G20 Orchestra dimana ia ditunjuk sebagai pendiri dan direktur artistik tahun lalu. Program yang sedang berjalan adalah mengundang para musisi dari 20 negara itu untuk konser di berbagai kota, minggu ini mereka ke Ambon yang ditasbihkan sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO. Program konser ini akan dipagelarkan di Jakarta tepatnya di Museum Kebangkitan Nasional (STOVIA) pada 20 Juni mendatang.


Di acara ini juga tampil pianis dengan autisme Steven Audric Gui dan pemain cello 11 tahun Chloe Lukito, keduanya adalah pemenang Ananda Sukarlan Award, kompetisi musik klasik paling bergengsi di Indonesia. Acara tersebut berlangsung di London School of Public Relations. Acara ini dihadiri oleh Shehzad Ahmed (Governor Rotary International) yang spesial terbang dari Lahore, Pakistan, Tsutomu Takamori (Past President Rotary Club) dari Jepang serta Irjen Pol. Drs. Richard M. Nainggolan (Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional RI) yang juga bekerjasama dengan Rotary Club.


Honorary Membership dari Rotary Club ini adalah satu lagi pengakuan untuk sang Maestro Ananda Sukarlan, yang telah dianugerahi gelar kesatriaan tertinggi “Cavaliere Ordine della Stella d’Italia” dan juga dari negara kita sendiri, gelar Sri Raja Pujangga Nusantara dari Sripaduka Baginda Maharaja Kutai Mulawarman.

Dipuji oleh koran Sydney Morning Herald sebagai “one of the world’s leading pianists at the forefront of championing new piano music”, Ananda adalah lulusan Koninklijk Conservatorium (Royal Conservatory) di Den Haag dengan predikat Summa CumLaude.


Rotary dimulai dengan visi satu orang — Paul Harris. Pengacara di Chicago ini membentuk Rotary Club of Chicago pada tanggal 23 Februari 1905, sehingga para profesional dengan latar belakang yang beragam dapat bertukar ide dan membentuk persahabatan seumur hidup yang bermakna. Seiring waktu, jangkauan dan visi Rotary secara bertahap meluas ke layanan kemanusiaan. Rotary di Indonesia pertama kali berdiri tahun 1927 di Yogyakarta yang kemudian diikuti pendirian cabang di Surabaya (1928) dan Batavia (1930). Ketika Jepang datang dan menjajah Indonesia pada 1942, Rotary—beserta 26 cabang lainnya—dibekukan. Situasi perlahan berbalik pasca-kemerdekaan. Di Bandung, setahun usai Sukarno-Hatta membacakan proklamasi di Pegangsaan Timur, Rotary kembali diaktifkan, dengan jumlah cabang menyusut menjadi 16 buah.


Acara ini juga dalam rangka penyerahan kepemimpinan tahunan Presiden Rotary Club Jakarta Menteng, dari Senda Lesmana (2022-23) ke Jono Effendy (2023-24). Selain itu juga pemberian penghargaan kepada Maria Agnes, anggota yang terpilih menjadi Rotarian of the Year.


Sampai saat ini, Indonesia memiliki 2 distrik Rotary Club, yaitu Distrik 3410 (Indonesia Barat, dari Aceh sampai Jogjakarta) dan Distrik 3420 (Indonesia Timur, dari Jawa Tengah ke Papua). Rotary Club Menteng adalah Klub Rotary terbesar di distrik 3410.

7 views0 comments

Comments


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page