top of page

Aktif Bantu Cegah Stunting, Rotary Club Terus Berikan Pelayanan di Posyandu



Rotary Club selalu aktif ambil bagian membantu pemerintah dan masyarakat mencegah stunting, salah satunya dengan mendatangi Posyandu. Di sana mereka memberikan pelayanan kesehatan untuk bayi dan ibu menyusui. Presiden Rotary Club Palembang Andy Gunardi mengatakan, diantara beberapa bentuk layanan Rotary Club Palembang di Posyandu adalah menimbang dan mengukur bayi.


Seperti yang dilakukan di Posyandu Kuto Batu, Sabtu (5/2/2023) lalu. Rotary Club Palembang juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Charitas untuk pemberian tambahan gizi pangan kepada anak dan langsung dilakukan oleh Dokter Gizi.


"Pemberian gizi pangan ini dilakukan setiap hari, yang mana gizi-gizi tersebut diukur oleh kepala dokter ahli gizi Suster Margaretha sesuai dengan kebutuhan usia anak," katanya.


Pada program cegah Stunting bulan kelima ini, dijadikan pula sebagai bulan untuk evaluasi hasil pemberian gizi ini. Hasilnya pun sangat positif.


"Dari pendataan dan evaluasi kemarin, nilainya positif mungkin kalau untuk berat badan itu membutuhkan waktu lebih, namun kemarin jika dilihat dari tinggi anak itu sudah mulai meningkat dan anak-anak juga bertambah aktif dalam berkegiatan," tambahnya.


Untuk ibu hamil yang menerima bantuan dari bulan September lalu, pada tanggal 15 Januari kemarin juga sudah melahirkan dan proses persalinannya normal dan tinggi serta berat badan bayinya cukup.


Program ini diperuntukan untuk anak-anak yang masih berumur satu tahun ke bawah, karena idealnya 1000 hari pertama kehidupan.


Jadi idealnya sejak dalam kandungan sudah dibantu dengan intervensi gizi yang baik. Jika sudah terlanjur melahirkan diambil usia yang di bawah satu tahun, karena jika 1000 hari pertama itu sampai anak berusia 2 tahun.


"Jika kita kasih intervensi gizi kepada anak yang usia lebih dari dua tahun biasanya tidak begitu berdampak, makanya kita pilih anak-anaknya berumur di bawah satu tahun," imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 5 anak dan 5 ibu-ibu. Empat anak di Kelurahan Kuto Batu, satu anak di kelurahan Duku.


Serta 1 ibu hamil yang baru melahirkan pada 15 Januari 2023 lalu dan empat ibu menyusui.

Salah satu penerima manfaat dari program ini, Tina Wijaya ibu dari anak penerima manfaat merasa senang dengan adanya program ini.


"Saya sangat merasa senang, karena dengan program ini setiap hari bisa makan buah. Jadi yang pertama harus dikasih buah dulu baru anak diberikan nasi dan juga susu," ujarnya.

Tina berharap agar Stunting tidak lagi ada untuk di daerah tempat dia tinggal. (Adv)


Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul Aktif Bantu Cegah Stunting, Rotary Club Terus Berikan Pelayanan di Posyandu, https://palembang.tribunnews.com/2023/02/05/aktif-bantu-cegah-stunting-rotary-club-terus-berikan-pelayanan-di-posyandu.

4 views0 comments

留言


POA_Banners_Digital_1600x500_EN (5).jpg
bottom of page